Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Pemkot Solo berencana membangun gedung pertemuan atau hall yang diklaim sangat besar dan mampu menampung hingga 15.000 orang.

 Sejumlah pekerja menata semen di sebuah truk tronton di kawasan Pedaringan Solo, Kamis (17/9/2015). (Abdul Jalil/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja menata semen di sebuah truk tronton di kawasan Pedaringan Solo, Kamis (17/9/2015). (Abdul Jalil/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo berencana membangun gedung pertemuan dengan kapasitas hingga 15.000 orang di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo. Ini sebenarnya rencana lama yang dihidupkan kembali.

“Sebentar lagi yang ada di Pedaringan itu untuk 15.000 orang. Hall-nya besar sekali. Semoga sebelum tahun 2024 sudah terbangun,” terang Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa, saat memberikan sambutan acara Inagurasi Junior Chamber International (JCI) Solo Tahun 2022 di Hotel Solia Zigna Laweyan, Solo, Sabtu (15/1/2022) malam.

PromosiJalan dr Radjiman, Poros Merapi, Saksi Boyongan Keraton Kartasura

Keberadaan gedung itu, menurut Teguh, dapat dimanfaatkan berbagai elemen masyarakat untuk kegiatan memajukan Kota Solo. Arahnya bagaimana gedung tersebut bisa bermanfaat dan berkontribusi dalam membangkitkan kemajuan Solo.

Baca Juga: Fokus Bantu UMKM, Junior Chamber International Solo Lantik Local BOD

Selain mengungkapkan rencana Pemkot Solo pembangunan gedung besar di Pedaringan, Teguh juga mempromosikan Convention Hall Terminal Tirtonadi. Hall itu menurutnya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar pameran dan pertunjukan.

“Setelah pandemi ini saya kira kita sudah ada tambahan satu hall di Terminal Tirtonadi untuk pameran, pertunjukan, dan sebagainya. Nanti kami juga ada [gedung] di Pedaringan yang bisa menampung hingga 15.000 orang,” urainya.

Baca Juga: Kelar Direhab, 4 Stadion Pendamping Manahan Solo Dikelola Pihak Ketiga?

Pusat Perekonomian Baru

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Solo, Honda Hendarto, mengaku belum mendengar kapan rencana pembangunan gedung di Pedaringan akan dilaksanakan. Tapi pada prinsipnya ia menyambut baik rencana tersebut.

Politikus PDIP itu mengatakan rencana pembangunan gedung di Pedaringan oleh Pemkot Solo sudah muncul beberapa tahun lalu. “Berarti rencana beberapa tahun lalu bisa segera terealisasi. Ini bisa menumbuhkan pusat perekonomian baru di Solo,” katanya kepada Solopos.com, Senin (17/2022).

Baca Juga: Jadi Pusat Budaya Jawa, Penataan Taman Balekambang Solo Segera Dilelang

Berdasarkan catatan Solopos.com, pada 2015 lalu Pemkot Solo pernah mewacanakan pembangunan gedung pertemuan di Pedaringan bernama Solo Convention Exibition (SCE). Bangunan itu akan dijadikan Pemkot sebagai pusat pameran sekaligus olahraga.

Wali Kota Solo saat itu FX Hadi Rudyatmo menyebut pembangunan gedung SCE mendesak direalisasikan. Sebab saat itu Solo belum punya gedung pameran. “SCE akan dibangun di Pedaringan. Luas lahannya sekitar tiga hektare di dekat ruko-ruko pedaringan,” ungkap Rudy kala itu.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tragedi Tabung Gas Bocor di Mojosongo Solo, 2 Nyawa Melayang

Dua orang meninggal dunia akibat luka bakar tersambar api dari gas bocor di lokasi industri tahu dan tempe Mojosongo, Jebres, Solo.

Ini Politikus PDIP yang Berpotensi Gantikan Sukamto di DPRD Sragen

Naniek Budhi Darmawati berpotensi jadi anggota DPRD Sragen menggantikan Sukamto yang meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022).

BPS Wonogiri Adakan Sensus Penduduk Lanjutan, untuk Apa?

Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

Sumeni, Mata-Mata Sragen Legendaris Penakluk Tentara Belanda

Indonesia memiliki salah satu mata-mata legendaris semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sumeni salah satunya. Ia dikenal dengan kehebatannya "menaklukkan" tentara Belanda di Sragen.

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.