Gebyar Akhir Tahun, PDAM Solo Beri Diskon 50 Persen Biaya Sambungan Baru
Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani (tiga dari kanan), meresmikan Program Gebyar Akhir Tahun PDAM Kota Solo, di Solo Paragon Hotel, Selasa (3/11/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Perumda Air Minum atau PDAM Toya Wening Kota Solo meresmikan Program Gebyar Akhir Tahun dengan memberikan diskon 50 persen biaya pemasangan jaringan baru.

Program tersebut untuk membantu warga yang berminat menjadi pelanggan saat pandemi Covid-19 dan meningkatkan jumlah pelanggan. Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Solo, Agustan, menjelaskan inovasi untuk keterjangkauan biaya sambungan baru berupa diskon 50 persen.

Selain itu, pemotongan 50 persen untuk perluasan jaringan baru maksimal Rp15 juta, dan pembebasan denda serta diskon biaya pemasangan 50 persen bagi eks pelanggan PDAM Solo yang ingin kembali berlangganan.

Ketat! Begini Protokol Kesehatan Pada Simulasi Pembelajaran Tatap Muka SMK Mikael Solo

“Kegiatan gebyar ini membantu masyarakat dalam pandemi Covid-19. Daya beli yang turun tentu memberatkan masyarakat yang berminat untuk berlangganan layanan kami,” katanya kepada wartawan di Solo Paragon Hotel, Selasa (3/11/2020).

Agustan menjelaskan batas waktu pendaftaran untuk Program Gebyar Akhir Tahun paling lambat 15 Desember 2020. PDAM Kota Solo menggandeng camat dan lurah untuk sosialisasi. Target dari program ini ada sedikitnya 300 pelanggan baru.

Menurut Agustan, cakupan layanan PDAM Kota Solo saat mencapai 58,77 persen. Cakupan layanan itu mengalami penurunan sejak 2017. Perinciannya, sebanyak 59.427 pelanggan 2017, 58.871 pelanggan 2018, dan 58.232 pelanggan 2019.

Tak Ingin Ada Lagi Nakes Meninggal Terpapar Covid-19, IDI Sukoharjo Minta Ini Ke Pemerintah

Tunggakan Rekening

“Rata-rata turun 1,09 persen setiap tahun. Penyebabnya ada alternatif penggunaan air. Bisa pakai sumur sendiri atau Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat. Bisa juga karena ketidakpuasan pelanggan dan tunggakan rekening,” ungkapnya.

Dia menjelaskan kapasitas layanan air minum PDAM Solo masih bisa menambah sekitar 6.000 pelanggan baru. Sumber airnya dari Cokro Tulung, Bengawan Solo, dan 23 sumur dalam.

Targetkan Menang 80% Suara, Tim Bajo Minta KPU Solo Lebih Intensif Sosialisasikan Pilkada 2020

PDAM Kota Solo akan memberikan sumbungan baru kepada 1.000 rumah tangga secara cuma-cuma tahun depan. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, berharap inovasi berupa diskon 50% biaya pemasangan jaringan baru tersebut dapat menarik masyarakat menjadi pelanggan PDAM.

Ia mengakui air yang bisa dikonsumsi secara mutlak hanya bersumber dari Cokro Tulung, Klaten. “BUMD [Badan Usaha Milik Daerah] tidak harus berorientasi profit. Lebih kepada sosialnya. Saya berharap peresmian ini menarik minat masyarakat,” paparnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom