SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi saat memberikan penghargaan kepada para pemenang ajang Krenova Kota Salatiga, Senin (5/6/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota Salatiga akan melakukan pengawalan terhadap para juara Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Tahun 2023 untuk mengikuti kompetisi di level Provinsi.

Selain itu, kebermanfaatannya untuk masyarakat juga akan didorong dan segera dipertemukan dengan mitra potensial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi usai menyerahkan penghargaan pemenang Lomba Krenova 2023 dan anugerah paralegal justice award serta anugerah anubhawa sasana desa jagaddhita di halaman Pemkot Salatiga, Senin (5/6/2023).

“Saya berharap betul kepada Pemkot lewat Bappeda selaku leading sector untuk mengawal proses terkait keberlanjutannya mengikuti kompetisi pada level provinsi. Selain itu, sambil menunggu proses persiapan, kami rancang untuk bertemu dengan mitra potensial. Apakah itu dari dunia usaha ataupun mitra strategis,” kata Sinoeng.

Kebermanfaatan kepada masyarakat maupun pihak lain sangat dimungkinkan untuk dikembangkan secara massal atau berkelanjutan. Sinoeng juga mendorong agar hasil dari para juara Krenova Kota Salatiga 2023 ini tidak sekadar menjadi catatan.

“Hasil apapun dari kegiatan Krenova itu bisa dirasakan oleh masyarakat dan bukan hanya sebagai sebuah produk literasi di perpustakaan [diharapkan hasil Krenova menjadi satu teknologi tepat guna, penemuan baru yang bisa digunakan dalam keseharian],” terangnya.

Diakui untuk melaksanakannya memang memerlukan semangat dan kebersamaan dalam mendorong para juara yang ada di kompetisi ini untuk lebih berkreasi dan bermanfaat kepada orang lain.

“Mungkin ini tidak mudah. Ayo kita rembuk bareng. Hasil karya anak bangsa ini mari kita apresiasi bukan hanya awarding, namun ada keberlanjutannya dan menjadi salah satu kunci menjaga dan memantik stimulasi pada kreativitas yang lainnya,” katanya.

Penjabat(Pj) Wali Kota Salatiga ini juga mengusulkan agar lomba Krenova juga bisa diikuti oleh SKPD/OPD di Pemerintah Kota Salatiga di tahun depan.

“Saya usul, agar tahun depan selain pelajar dan umum, SKPD/OPD juga bisa mengikuti lomba Krenova ini. SKPD/OPD pasti mempunyai ide atau kreativitas yang bisa diangkat dan bermanfaat tentunya,” tandasnya.

Sebagai informasi Lomba Krenova 2023 ini untuk tingkat Pelajar diraih SMK N 2 Salatiga sebagai Juara I dengan inovasi Smart Smoke Detector; SMP Kristen 2 Salatiga sebagai Juara II dengan inovasi Do It Yourself Bluemotbot; SMP Muhammadiyah Salatiga sebagai Juara III dengan inovasi Laga Simenwa.

Untuk kategori umum, Prodi Kimia Fakultas Sains Matematika UKSW sebagai Juara I dengan inovasi Minyak Biji Labu Kuning; Progdi Fisika Fakultas Sains Matematika UKSW sebagai Juara II dengan inovasi Insting Ibu; Matematika UIN Salatiga meraih Juara III dengan inovasi Monalisa Era 4.0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya