SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sedikit demi sedikit jejak perjalanan Gayus Tambunan ke Bali mulai terkuak. Terdakwa kasus mafia pajak itu pergi ke Bali dengan bantuan pihak ketiga.

“Travel yang bantu,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigjen Pol Ketut Yoga Ana di Gedung PTIK, Jl Tirtayasa, Jakarta Selatan, Kamis (18/11).

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Yoga menjelaskan, untuk keseluruhan perjalanan ke Bali, Gayus hanya terima beres. “Termasuk tiket travel yang mengurus, itu pun yang mengurus bukan dia,” tambahnya.

Sementara itu Kabareskrim Polri Komjen Ito Sumardi masih menutup rapat-rapat hasil sementara penyidikan terhadap Gayus. Dia berkilah, hasil penyidikan belum bisa disampaikan ke publik sebelum muncul di persidangan.

Petunjuk yang baru disampaikan ke publik hanya soal identitas palsu yang digunakan Gayus ke Bali. Sementara untuk anak dan istrinya tetap memakai nama asli.

“Gayus berangkat ke Bali dengan keluarga. Dia menggunakan identitas palsu, tapi istri dan anaknya nggak,” ujar Kabareskrim Komjen Ito Sumardi usai menunaikan salat Idul Adha di Lapangan Bhayangkara, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (17/11).

“Sekarang kita sudah mempunyai bukti kepergian Gayus dengan pesawat apa dan pakai apa. Tapi itu untuk konsumsi di peradilan nanti,” jelasnya.

Gayus sebelumnya mengaku telah menyuap Karutan Brimob Kompol Iwan Siswanto hingga Rp 368 juta. Dia pun mengaku telah pergi ke Bali dan menonton turnamen tenis di Hotel Westin Nusa Dua pada Jumat (5/11). Fakta ini membuktikan soal beredarnya foto mirip Gayus yang berhasil dijepret oleh fotografer Kompas Agus Susanto.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya