Tutup Iklan

Gawat! 89 Perempuan Jateng Jadi Korban Kekerasan Seksual di 2021

Sebanyak 120 perempuan di Jateng menjadi korban kekerasan sepanjang 2021, di mana 89 orang di antaranya merupakan korban kekerasan seksual.

 Ilustrasi perempuan korban kekerasan seksual. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perempuan korban kekerasan seksual. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Organisasi masyarakat sipil yang menangani permasalah hak asasi perempuan, Legal Resources Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRCKJHAM), menyebut ada sekitar 120 perempuan di Jawa Tengah (Jateng) yang menjadi korban kekerasan sepanjang tahun 2021. Mirisnya, dari 120 perempuan itu 89 orang di antaranya merupakan korban kekerasan seksual.

Kepala Divisi Bantuan Hukum LRCKJHAM, Nihayatul Mukharomah, mengatakan sepanjang 2021, ada 80 kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi terjadi di Jateng. Dalam 80 kasus kekerasan itu tercatat 120 perempuan menjadi korban, dan 88 orang merupakan pelaku kekerasan.

“Dari 80 kasus kekerasan terhadap perempuan di Jateng itu, paling banyak merupakan kasus kekerasan seksual yakni 48 kasus. Sedangkan kasus KDRT [kekerasan dalam rumah tangga] mencapai 29 kasus,” ungkap Niha dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Dua Santriwati di Tulungagung Diduga Jadi Korban Pencabulan Ustaz

Niha menambahkan 80 kasus kekerasan terhadap perempuan di Jateng itu terdiri dari 25 kasus perbudakan seksual, 6 kasus pelecehan seksual, 29 kasus KDRT, 8 kasus perkosaan, 3 kasus prostitusi, dan 9 kasus kekerasan dalam hubungan kekasih atau pacaran.

“Itu semua terjadi selama 2021. Itu juga hanya kasus yang dilaporkan ke kami dan hasil monitoring dari LRCKJHAM. Bisa jadi jumlahnya [kasus kekerasan terhadap perempuan di Jateng] lebih dari itu,” imbuh Niha.

Niha mengatakan hasil temuan dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan sepanjang 2021 juga menyatakan jika masih banyak perempuan yang menjadi korban mengalami kesulitan dalam mengakses keadilan.

Kasus-kasus kekerasan seksual, terutama yang korbannya tergolong dewasa sulit untuk dilaporkan. “Korban masih mengalami kesulitan dalam proses pembuktian. Beberapa kasus harus bolak-balik dari polisi dan kejaksaan karena kurangnya bukti. Bahhkan, ada juga korban yang diminta mencari alat bukti sendiri,” ungkapnya.

Baca juga: Cegah Pelecehan Seksual di Kampus, Begini Aturan di Universitas Harvard

Niha pun berharap kepedulian pemerintah dalam menyelesaikan kasus kekerasan yang dialami perempuan. Kepedulian itu salah satunya diwujudkan dengan segera mengesahkan Rancangan Undang Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau RUU PKS.

“Kami juga mendesak pemerintah untuk memperbaiki fasilitas layanan pemulihan bagi perempuan korban kekerasan, peningkatan kapasitas petugas dan pendamping korban. Selain itu, kami minta pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pencegahan dan penanganan kasu kekerasan terhadap perempuan,” tegas Niha.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, ada enam daerah di Jateng yang tingkat kekerasan terhadap perempuan tergolong tinggi. Keenam daerah itu yakni Kota Semarang, Demak, Kabupaten Semarang, Kendal, Grobogan, dan Magelang.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ditinggal Suami Merantau, Istri Main Serong dengan Oknum Polisi Pati

Seorang TKI asal Pati melaporkan oknum polisi dari Polsek Cluwak, Pati dengan tuduhan berselingkuh dengan istrinya sejak saat ia merantau ke Jepang.

Mbah Minto yang Tebas Pencuri Ikan Dituntut 2 Tahun Penjara

Pengacara Mbah Minto menilai tuntutan JPU tak mempertimbangkan hukum sebab akibat. Apalagi usia Mbah Minto sudah sepuh.

Tuntut UMK Naik 16%, Buruh Jateng Ancam Geruduk Istana Presiden

Massa dari Aliansi Buruh Jawa Tengah (Jateng) menggelar aksi unjuk rasa atau demo menuntut UMK Jateng 2022 naik 16%.

Pemkab Grobogan Ajukan Raperda Yang Berlaku 30 Tahun, Tentang Apa?

Pemerintah Kabupaten Grobogan mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang masa berlakunya 30 tahun ke DPRD Grobogan.

Hutan Pinus Sigrowong, Wisata Temanggung yang Bikin Hati Tenang

Hutan pinus Sigrowong di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang membuat hati dan pikiran tenang.

Diburu! Sopir Truk Tronton yang Picu Kecelakaan Karambol di Salatiga

Aparat Polres Salatiga saat ini tengah memburu sopir truk tronton yang menyebabkan kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga.

Gas Pol, Baznas dan Korpri Banjarnegara Gelar Vaksinasi Sasar 700 Warga

Baznas sekaligus mendistribusikan bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu yang hadir. Bentuknya bahan makanan pokok seperti beras, minyak, dan gula.

Tanggul Sungai Jebol, Desa di Kudus Tergenang Banjir

Sejumlah desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Dawe akibat hujan lebat pada Selasa (30/11/2021) dini hari.

Penipuan Modus Gendam di Semarang Diungkap, Korban Rugi Rp3 Miliar

Aparat Ditreskrimum Polda Jateng menangkap tersangka sindikat penipuan dengan modus gendam yang menggasak uang korbannya di Semarang mencapai Rp3 miliar.

Legenda Syekh Subakir & Asale Gunung Tidar Pakunya Tanah Jawa

Asale Gunung Tidar yang disebut sebagai paku bumi di Tanah Jawa diyakini berkaitan dengan sosok ulama bernama Syakh Subakir.

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Dua Pekan Operasi Zebra Candi 2021, 605 Kecelakaan Terjadi di Jateng

Ditlantas Polda Jateng mencatat selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 terdapat 605 kejadian kecelakaan di Jateng, dengan jumlah korban meninggal mencapai 31 orang.

Kronologi Kecelakaan Karambol Salatiga yang Sebabkan 1 Polisi Meninggal

Kecelakaan maut berupa tabrakan karambol terjadi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/11/2021) malam.

Kecelakaan Karambol di Salatiga, Truk Tabrak 5 Mobil, 1 Meninggal

Kecelakaan karambol yang melibatkan truk dan lima kendaraan lain terjadi di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga, Senin (29/11/2021) malam.