SOLOPOS.COM - Ilustrasi, Kekeringan (dok-Solopos.com)

Solopos.com, NGAWI — Sebanyak 44 desa di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim) dilanda kekeringan. 44 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Ngawi itu mengalami krisis air bersih.

Alhasil, kebutuhan air bersih warga sehari-hari pun harus mengandalkan bantuan dari pemerintah. Krisis air bersih di 44 desa di Ngawi ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Krisis terjadi akibat sumur dan mata air di desa tersebut mengering. Alhasil, warga pun mengandalkan bantuan pemerintah akan pasokan air bersih yang datang sepekan sekali.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Duh! Janda Muda Berstatus ASN di Ngawi Kena Tipu Pecatan TNI

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, ke-44 desa yang dilanda kekeringan atau krisis air bersih itu berada di Kecamatan Mantingan. Kemudian Kecamatan Karanganyar, Widodaren, Kedunggalar, Sine Pitu, Bringin, Kasreman, Karangjati, dan Ngawi kota. Rata-rata wilayah yang dilanda krisis air bersih itu berada di kawasan pinggir hutan.

“Untuk kekeringan di Kabupaten Ngawi ada 44 desa tersebar di 10 kecamatan. Itu masuk kategori kekeringan kritis. Kesulitan air bersih rata-rata di sepanjang utara wilayah Kecamatan Ngawi mulai Karanganyar sampai Karangjati,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ngawi, Teguh Puryadi, dikutip dari suara.com, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: 2 SPAM Dibangun, Krisis Air Bersih di Sukoharjo Segera Teratasi

Akibat kekeringan, sekitar 62.670 kepala keluarga (KK) atau 175.597 jiwa terdampak. Dua unit truk tangki menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah desa terdampak setiap harinya. BPBD Ngawi segera menambah jumlah truk tangki untuk memasok air bersih ke sejumlah desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya