SOLOPOS.COM - Gaun Michelle Obama dalam acara penganugerahan Oscar 2013 yang diedit Kantor Berita Iran. /telegraph.co.uk

JAKARTA— Kantor berita Iran, Fars mengedit gambar gaun Michelle Obama saat tampil di acara Oscar 2013. Hasilnya, gaun seksi Michelle Obama jadi sopan di Iran. Kemudian, setelah diedit dengan  photoshop, busana itu menjadi lebih tertutup.

Menurut laman The Guardian, Kantor Berita Fars merancang kembali gaun Ibu Negara Amerika Serikat sehingga menutupi bagian dada dan bahu, yang aslinya terbuka saat dia mengumumkan “Argo” sebagai peraih penghargaan Film Terbaik lewat video dari Gedung Putih, Minggu (24/2) atau Senin (25/2).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gaun Michelle Obama jadi sopan di Iran. Foto tersebut diambil dalam acara penganugerahan Oscar 2013 kemudian diedit Kantor Berita Iran. /telegraph.co.uk

Peraturan di Iran mengharuskan perempuan yang tampil di televisi mengenakan hijab yang menutupi rambut, lengan, dan kaki. Aturan sensor tersebut bervariasi untuk orang asing.

Perempuan dari luar Iran yang mengunjungi negara itu harus mematuhi batasan yang sama seperti perempuan Iran, namun bagi perempuan-perempuan asing yang tampil di televisi seperti pejabat atau aktor ada toleransi untuk tampil tanpa hijab pada titik tertentu.

Sementara, kaun lelaki relatif lebih bebas, tapi hanya atlet yang boleh menunjukkan kakinya di televisi.

Photoshop sering menjadi alat penyelamat saat media Iran harus menayangkan gambar yang bertentangan dengan aturan. Beberapa pejabat dan selebriti asing menjadi “korban” aturan sensor ini, termasuk Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton.

Ketika film asing ditayangkan, sensor TV negara bisa mengeditnya untuk memastikan tubuh pelakon tertutup atau menghapusnya.

Berbicara tentang Academy Awards atau Piala Oscar tentu belum lengkap jika belum membicarakan tren gaun yang dipakai para selebriti di karpet merah. Untuk tahun ini, gaun berwarna pucat, pastel, dan nude sepertinya menjadi tren di kalangan selebriti.

Jennifer Lawrence, yang sempat terjatuh saat akan menerima penghargaan untuk Aktris Terbaik, memakai gaun bervolume rancangan Christian Dior. Gaun berwarna pale blush atau pink pucat itu memang sangat indah dan glamor, sangat cocok untuk dipakai ke malam penghargaan itu.

(Antara/nj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya