Gas Pol, Baznas dan Korpri Banjarnegara Gelar Vaksinasi Sasar 700 Warga

Baznas sekaligus mendistribusikan bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu yang hadir. Bentuknya bahan makanan pokok seperti beras, minyak, dan gula.

 Kegiatan vaksinasi yang digelar Baznas dan Korpri Banjarnegara di TPQ Al Ikhlas Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kamis (25/11/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Kegiatan vaksinasi yang digelar Baznas dan Korpri Banjarnegara di TPQ Al Ikhlas Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kamis (25/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com,¬†BANJARNEGARA — Baznas Kabupaten Banjarnegara bekerja sama dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) menggelar vaksinasi massal gratis untuk masyarakat. Kegiatan yang dilakukan untuk mempercepat cakupan vaksin bagi masyarakat luas itu berlangsung di TPQ Al Ikhlas Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kamis (25/11/2021).

Kali ini 700 dosis vaksin diberikan cuma-cuma untuk 700 warga Desa Gumelem Kulon. Tenaga kesehatan yang diterjunkankan dalam kegiatan vaksinasi berasal dari Puskesmas Susukan, RSUD Hj Anna Lasmanah, dan relawan Dinas Kesehatan.

Acara itu dihadiri oleh Sutedjo Slamet Utomo (Ketua Baznas), Tursiman (Staf Ahli Bidang Ekbang Kesra), Dwi Suryanto (wakil ketua Korpri), Yusuf Agung Prabowo (Plt Kepala Bappeda), Susanto (Camat Susukan), dan kades serta perangkat Desa Gumelem Kulon.

Baca juga: Hari Pahlawan di Banjarnegara, Pesan Pangeran Sambernyawa Dibacakan

Ketua Baznas Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo, mengatakan Baznas ikut tergerak membantu cakupan vaksin di Banjarnegara, karena melihat capaian target vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara yang masih ketinggalan dibandingkan dengan daerah lain.

“Baznas menggandeng Korpri, kita ikut berpartisipasi untuk menggencarkan vaksinasi guna mengejar ketertinggalan dengan daerah lain. Alhamdulillah peserta sangat antusias. Kami sediakan 700 dosis vaksin, tentunya pendaftar harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, dan di-screening terlebih dahulu untuk kondisi kesehatannya. Intinya ayo vaksin biar sehat, lihat di negara-negara maju sudah bisa menggelar pertandingan olahraga karena masyarakat patuh dan peduli kesehatannya,” kata Sutedjo.

Fokus Penanggulangan Kemiskinan

Sutedjo menambahkan Baznas Banjarnegara menangkap kondisi Banjarnegara yang termasuk salah satu dari lima kabupaten di Provinsi Jawa Tengah sebagai lokasi fokus penanggulangan kemiskinan. Melalui kegiatan ini, Baznas sekaligus mendistribusikan bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu yang hadir. Bentuknya bahan makanan pokok seperti beras, minyak, dan gula.

Baca juga: Baznas Banjarnegara Beri Pelatihan Rias Pengantin hingga Bikin Magot

“Saat ini ada sebanyak 3.219 jumlah penduduk miskin ekstrem di 5 kecamatan dan 25 desa di Banjarnegara. dari jumlah tersebut yang masuk dalam data konsep penerima bansos KK desil I sejumlah 2.969 rumah tangga. Baznas telah ambil bagian dengan cara yang saat ini sedang dilakukan antara lain melakukan pelatihan ekonomi produktif kejuruan seperti halnya montir sepeda motor, menjahit, rias pengantin dan magot maupun kegiatan lain seperti rehab RTLH. Pada tahun ini Baznas masih ada sasaran sekitar 40 dan tahun 2022 bisa sekitar 100 RTLH,” lanjut Sutedjo dalam sambutannya.

Mewakili Korpri Banjarnegara, Dwi Suryanto menambahkan Gerakan Vaksinasi juga dalam rangka HUT ke-50 Korpri yang berulang tahun tanggal 29 November.

“HUT Korpri tahun ini, kita selenggarakan vaksin massal. Alhamdulillah untuk vaksin di Banjarnegara yang awalannya lambat, sekarang kita gas pol. Dan ternyata setelah dikerahkan semuanya, diserbu, libur juga berjalan dan hasilnya sudah kelihatan, Banjarnegara berkembang pesat cakupannya, yakni nomor lima dari bawah di Jawa Tengah, yang semula nomor satu dari bawah,” ujar Dwi Suryanto.

Baca juga: Baznas Banjarnegara Kembali Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Rp773 Juta

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

+ PLUS Pranata Mangsa dalam Jejak Ilmu Astronomi di Balik Kemegahan Borobudur

Pembangunan Candi Borobudur disebut menunjukkan Matematika kuno dan telah mempertimbangkan ilmu Astronomi.

Hendak Salip Truk, Pengendara Motor di Pati Meninggal

Kecelakaan maut menimpa seorang pengendara motor di Kabupaten Pati yang terlindas truk saat berusaha menyalip truk dari sisi kiri.

Mahasiswa UKSW Ikuti MBKM, 4 Bulan Dampingi 13 Sekolah di Kupang

UKSW menyerahkan langsung ke-13 mahasiswa yang ikut MBKM kepada Bupati Kabupaten Kupang di Kantor Bupati Kabupaten Kupang, Selasa (11/01/2022).

Gunung Srandil di Cilacap Menjadi Pepunden Tertua di Tanah Jawa

Gunung Srandil tidak hanya terdapat petilasan leluhur, tetapi juga termasuk pepunden tertua di Tanah Jawa.

Asale Gunung Srandil Cilacap, Ada Petilasan Ki Semar Leluhur Tanah Jawa

Inilah asal mula nama Gunung Srandil Cilacap yang terdapat petilasan leluhur tanah Jawa, Ki Semar.

Hadirkan Semangat UMKM Lokal di Semarang, Ini Promo dari ShopeePay

ShopeePay, selaku penyedia layanan pembayaran digital menghadirkan program Semangat UMKM Lokal di Semarang dengan menawarkan promo diskon berbelanja di sentra UMKM.

Pria Tanpa Busana Meninggal di Kamar Hotel Kudus, Polisi Temukan Ini

Penemuan mayat pria tanpa busana di sebuah hotel di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), membuat warga geger.

Goa Jatijajar, Wisata Hits Kebumen Sejak Era Kolonial

Di dalam dinding Goa Jatijajar Kebumen, Jawa Tengah, ditemukan banyak coretan nama orang dari aspal cair.

Misteri Sosok Ki Semar Disebut Leluhur Tanah Jawa

Asal usul tentang Semar yang diyakini sebagai leluhur tanah Jawa masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Mahasiswa Fisikom UKSW Terbitkan Buku Sepak Terjang Organisasi Wanita Salatiga

Penerbitan buku ini merupakan salah satu output penyelenggaraan Pembelajaran Lapangan Terpadu (PLT) yang diadakan Fisikom UKSW tahun 2021.

Unik, Soto Tamanwinangun Khas Kebumen Gak Pakai Ayam & Sapi

Berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan daging ayam, Soto Tamanwinangun khas Kebumen ini justru menggunakan daging entok sebagai daging suwirannya.

Polisi Tangkap 2 Wanita Bos Arisan Online di Jateng, Tipu Korban Rp4 M

Aparat Ditreskrimsus Polda Jateng menangkap dua wanita yang menjadi bandar arisan online di Semarang dan Demak.

Gua Semar, Pertapaan Soeharto Cari Wangsit untuk Jadi Presiden

Gua Semar menjadi salah satu pertapaan yang dikunjungi almarhum Soeharto sebelum naik menjadi Presiden Indonesia.

Siapa Ki Semar Leluhur Tanah Jawa? Inikah Jawabannya?

Sosok Ki Semar yang dianggap sebagai leluhur tanah Jawa memiliki beragam versi tentang asal-usulnya.

Jelajah Goa Jatijajar, Surga Perut Bumi

Goa Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah, disebut sebagai surga perut Bumi karena menyimpan keindahan stalaktit dan stalagmit yang luar biasa.