SOLOPOS.COM - Poster lomba tabuh beduk se-Boyolali yang digelar Disdikbud Boyolali pada Ramadan 2023 ini. (Instagram @bidangkebudayaan_disdikbud)

Solopos.com, BOYOLALI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali menggelar lomba tabuh beduk tingkat kabupaten pada Ramadan 2023 ini. Pendaftaran telah dibuka pada 18 Maret dan akan ditutup pada 5 April 2023.

Dikutip dari akun Instagram @bidangkebudayaan_disdikbud, Senin (27/3/2023), lomba Tabuh Bedug Boyolali 2023 adalah festival lomba beduk dalam rangka memeriahkan Ramadan 2023 sekaligus menggelorakan semangat Boyolali Metal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih lanjut, dalam takarir foto yang diunggah pada Sabtu (25/3/2023) tersebut, pendaftaran dibuka pada 18 Maret-5 April 2023. Kemudian akan ada technical meeting secara daring pada 6 April 2023.

“Seleksi akan dilaksanakan di dua area, yaitu Boyolali Utara [Kecamatan Simo] dan Boyolali Selatan [Kecamatan Banyudono/Pengging]. Pembagian wilayah akan ditentukan panitia,” tulis takarir tersebut.

Dijelaskan dalam foto unggahan tersebut, seleksi lomba tabuh beduk di Kecamatan Simo, Boyolali, akan berlangsung pada 8 April 2023. Sedangkan di Kecamatan Banyudono pada 9 April 2023.

Selanjutnya, 10 peserta akan maju ke babak final yang akan dilaksanakan di Kecamatan Boyolali pada 14 April 2023. Saat seleksi peserta bebas membawakan lagu atau variasi beduk dengan apa pun.

Peserta diberi waktu 10 menit untuk unjuk kebolehan menabuh beduk. Peserta juga diperkenankan untuk mengombinasikan dengan alat musik tradisional atau nonelektrik.

“Babak final, peserta wajib membawakan dua lagu. Terdiri dari lagu wajib, yaitu mengisi beduk dengan soundtrack lagu Boyolali Metal. Dalam lagu ini, hanya diperkenankan mengisi dengan beduk saja,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Untuk lagu kedua atau pilihan, peserta lomba tabuh beduk Boyolali diperkenankan memilih lagu yang ingin dibawakan tanpa memandang genre. Panitia juga sangat menyarankan untuk mengombinasikan dengan alat musik nonelektrik agar lebih menarik.

Kemudian, peserta di panggung maksimal delapan orang dengan komposisi minimal tiga orang pada beduk. Selain itu diabtasi maksimal lima orang pada alat musik atau kesenian tari atau lainnya.

“Boleh menggunakan alat musik tambahan tetapi hanya diperbolehkan alat musik tradisional nonelektrik,” lanjut keterangan dalam unggahan tersebut.

Bagi masyarakat yang tertarik berpartisipasi bisa mengunduh dan mencetak form pendaftaran di tautan bit.ly/tabuhbedugbyl2023. Setelah itu mengisi formulir dan memindai (scan).

Formulir dikirimkan ke nomor admin 0857 4709 5740. Formulir cetak atau asli juga diminta untuk dibawa saat seleksi. Hadiah disediakan untuk juara I hingga harapan III.

Untuk juara I mendapatkan Rp3 juta dengan piala. Lalu juara II memperoleh Rp2 juta dan piala, juara III Rp1,5 juta dan piala. Juara harapan I Rp1 juta dan piala, juara harapan II Rp750.000 dan piala. Lalu juara harapan III Rp500.000 dan piala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya