SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3 kg (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Kenaikan harga elpiji kemasan 12 kilogram berdampak pada harga jual gas ukuran tiga kilogram. Akhir-akhir ini banyak pedagang menaikan harga di atas harga normal, mencapai Rp20.000 per tabung.

Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah melakukan tiga kali monitoring harga dan stok elpiji kemasan tiga kilogram. Mereka pun siap menindak pedagang nakal, yang menaikan harga eceran di atas kewajaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tingginya harga jual gas melon salah satunya dirasakan Dedi, seorang warga Desa Ngawis, Krangmojo. Dia mengaku, pasca-kenaikan harga elpiji 12 kilogram kesulitan mendapatkan elpiji tiga kilogram. Untuk mendapatkan gas itu, Dedi harus memutar-mutar di beberapa toko.

“Kondisinya sangat beda dengan sebelum kenaikan. Sebab elpiji tiga kilogram mudah didapatkan. Tapi, saat ini susah mencarinya,” katanya, Kamis (18/9/2014).

Selain susah mendapatkan gas tersebut, Dedi mengaku bila harganya juga melambung tinggi, Rp20.000 untuk mendapatkan satu tabung gas berwarna hijau itu.

“Saya sempat bertanya kepada pedagang tentang alasan menaikan harga? Katanya, harga naik karena kesulitan mendapatkan barang,” kata Dedi lagi.

Meski tak setinggi di Karangmojo, kenaikan elipiji tiga kilogram juga terlihat di Kecamatan Patuk. Salah satunya dirasakan Susi, ibu rumah tangga asal Desa Putat, Kecamatan Patuk. Dia mengaku membeli gas tersebut dengan harga Rp18.000 per tabung.

“Kalau saat ini [kemarin] saya tidak tahu harganya berapa? Karena, saya membeli gas dua hari yang lalu,” kata dia.

Menurut Susi, kenaikan elipiji 12 kilogram berdampak pada harga jual elpiji tiga kilogram. Diakuinya, bila gas melon sebelumnya dipasarkan Rp15.000-16.000 per tabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya