Ilustrasi maskapai Garuda Indonesia/Dokumen-Solopos

Solopos.com, SOLO - -tiket-pesawat-garuda-turun-20-untuk-semua-rute-domestik" title="Harga Tiket Pesawat Garuda Turun 20% untuk Semua Rute Domestik">Garuda Indonesia Group menurunkan harga tiket di seluruh rute penerbangan sebesar 20% mulai Kamis (14/2/2019). Dengan diskon tersebut, tarif penerbangan -pesawat-solo-jakarta-kemahalan-berapa-sih-batas-atasnya" title="Tarif Pesawat Solo-Jakarta Kemahalan, Berapa Sih Batas Atasnya?">Solo-Jakarta seharunya kurang dari Rp1 juta, tadi di online travel agent (OTA) harga tembus Rp1,2 Juta.

Penurunan tarif tiket pesawat ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal Indonesia National Air Carrier Association (INACA) yang sebelumnya baru berlaku di sejumlah rute penerbangan. General Manager Garuda Indonesia Branch Office Solo, Hendrawan, mengatakan untuk Solo tarif yang didiskon merupakan harga tiket batas atas.

“Harga batas atas Garuda Indonesia adalah Rp1,045 juta. Ini merupakan basic fare dan belum termasuk pajak. Jika semuanya, tarif batas atasnya Rp1,204 juta nett. Ini didiskon 20% sehingga menjadi Rp974.600,” kata dia kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).

Hendrawan mengklaim tingginya tarif tiket pesawat salah satunya dipicu mahalnya harga avtur. Bahan bakar untuk pesawat ini merupakan fixed cost yang berkontribusi 40% terhadap harga tiket. Begitu juga dengan beban operasional penerbangan yang lebih tinggi seiring dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang sempat melemah.

Di sisi lain, pada triwulan pertama awal tahun ini memasuki low season sehingga tingkat keterisian hanya 72%. Untuk itu, Garuda Indonesia mengurangi frekuensi -traveler-catet-ini-tarif-bagasi-lion-air-group-dari-solo" title="Hi Traveler, Catet Ini Tarif Bagasi Lion Air Group dari Solo">penerbangan dari lima kali sehari menjadi tiga atau empat kali sehari.

“Garuda Indonesia Group berharap akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas. Dengan demikian, kami dapat mengakomodasi aspirasi masyarakat dalam memberikan pelayanan berkualitas yang dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat,” imbuh dia.

Namun, berdasarkan pantauan Solopos.com di sejumlah OTA, Jumat petang, tarif penerbangan Solo-Jakarta Garuda Indonesia untuk keberangkatan Sabtu (16/2/2019) dijual Rp1,2 juta. Saat dimintai tanggapan mengenai hal tersebut, Hendrawan tidak merespons.

Sriwijaya Air juga menurunkan harga tiket pesawat khususnya dari dan ke Solo. Sales Representative Sriwijaya Air Solo, Nur Sapto Siwi, mengatakan harga turun sesuai arahan serta imbauan dari kantor pusat. “Kami sudah menurunkan harga tiket. Biasanya harga tiket Solo–Jakarta kami buka mulai Rp670.000 hingga Rp700.000-an ke atas. Sekarang ini kami buka mulai Rp588.000 hingga Rp632.000,”  jelas dia.

 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten