SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat mendarat di bandara (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA—Garuda Indonesia dan maskapai penerbangan asal India, Jet Airways, menandatangani kerja sama code share guna memperkuat jaringan penerbangan internasional kedua maskapai terutama di Asia.

Kerja sama yang merupakan bagian dari upaya pengembangan jaringan Garuda Indonesia itu berlaku efektif mulai 7 November 2013 dengan periode perjalanan berlaku efektif mulai 17 November 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia Erik Meijer mengatakan kerja sama itu juga memberikan nilai tambah bagi seluruh penumpang kedua maskapai terutama dalam mempermudah perjalanan dari Indonesia ke India atau sebaliknya.

“Ini sejalan dengan upaya kami mengembangkan dan memperkuat jaringan internasional seiring dengan langkah kami bergabung secara resmi dengan aliansi global SkyTeam pada Maret 2014,” katanya dalam siaran pers, Rabu (20/11/2013).

Garuda akan menempatkan kode pemasaran pada operasional Jet Airways pada rute-rute antara Singapura dengan Mumbai, Delhi, dan Chennai, sedangkan Jet Airways menempatkan kode di penerbangan Garuda pada rute Indonesia–Singapura.

Kerja sama juga mencakup layanan “full fledged” frequent flyer partnership. Artinya, anggota layanan pelanggan kedua maskapai bisa melakukan redeem mileage tak hanya pada rute code share tapi seluruh jaringan penerbangan domestik dan internasional.

Senior Vice President Commercial Jet Airways Gaurang Shetty mengatakan kerja sama itu akan menawarkan kenyamanan lebih kepada para pengguna jasa di Indonesia dan India untuk mendapatkan koneksi tanpa batas di antara kedua negara melalui gerbang Singapura.

“Kami yakin dengan code share ini, permintaan perjalanan bisnis dan wisata dari dan menuju kedua negara akan semakin bertumbuh,” katanya.

Manajemen Garuda per 1 November juga menerapkan ketentuan baru terkait dengan fasilitas bagasi penumpang.

Garuda memberikan tambahan fasilitas bagasi untuk penumpang rute penerbangan internasional yakni First Class 50 kg dari 40 kg, kelas bisnis 40 kg dari 30 kg, dan kelas ekonomi 30 kg dari hanya 20 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya