SOLOPOS.COM - Pesawat Bombardier NextGen produksi Kanada ini seperti terlihat saat demo terbang di Jakarta beberapa waktu lalu akan digunakan Garuda Indonesia dalam sejumlah rute barunya. (JIBI/Bisnis Indonesia/Dedi Gunawan)

Pesawat Bombardier NextGen produksi Kanada ini seperti terlihat saat demo terbang di Jakarta beberapa waktu lalu akan digunakan Garuda Indonesia dalam sejumlah rute barunya. (JIBI/Bisnis Indonesia/Dedi Gunawan)

SURABAYA – Maskapai Garuda Indonesia tengah menyiapkan dua rute baru penerbangan langsung yaitu Surabaya-Mataram dan Surabaya-Semarang yang direncanakan akan dibuka pada November 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rencananya kedua rute baru dari Surabaya itu akan dilayani dengan pesawat baru Bombardier CRJ 1000 produksi Kanada yang berkapasitas 98 tempat duduk. General Manager Garuda Indonesia Cabang Surabaya, Muchmwendi Harahap mengatakan, pembukaan kedua rute ini diupayakan untuk memenuhi layanan bagi masyarakat menyusul semakin tingginya permintaan masyarakat.

Demand untuk dua rute [Surabaya-Mataram dan Surabaya-Semarang] itu cukup besar. Untuk rute Surabaya-Semarang, akan dibidik untuk kalangan pebisnis sedangkan untuk rute Surabaya-Mataram lebih diarahkan untuk perjalanan wisata,” kata Muchmwendi, Kamis (6/9/2012). Dia menjelaskan untuk rute Surabaya-Semarang, pihaknya optimis bisa mencapai load factor hingga 85%, sedangkan untuk Surabaya-Mataram ditargetkan load factornya mencapai 80%. “Kedua rute ini rencananya dibuka pada 14 November mendatang dengan jadwal sekali terbang tiap hari.”

Dia mengatakan bagi rute Surabaya-Semarang, harga tiket kelas ekonomi dipatok mulai Rp434.000, sedangkan untuk kelas bisnis mulai Rp1,25 juta. Khusus untuk rute Surabaya-Mataram, kata dia, harga tiket kelas ekonomi dipatok mulai Rp550.000 dan Rp1,59 juta untuk kelas bisnis. “Dengan adanya penambahan kedua rute baru ini akan melangkapi lima direct flight [penerbangan langsung] dari dan ke Surabaya.”

Sebelumnya lima rute yang telah ada yaitu Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Makassar dan Surabaya-Bandung. Muchmwendi menjeleaskan penggunaan pesawat Bombardier untuk dua rute tersebut merupakan yang pertama kali di Indonesia. “Pada tahap awal, Garuda akan mendatangkan dua unit pesawat produksi Bombardier Aerospace itu, hingga akhir tahun ini totalnya akan ada lima pesawat yang didatangkan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya