SOLOPOS.COM - Pesawat Garuda Indonesia terlihat dari kaca sebuah pesawat lain di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Maskapai penerbangan nasional ini telah merampungkan seluruh penerbangan haji untuk pemberangkatan jemaah. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Pesawat Garuda Indonesia terlihat dari kaca sebuah pesawat lain di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Maskapai penerbangan nasional ini telah merampungkan seluruh penerbangan haji untuk pemberangkatan jemaah. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

JAKARTA – Maskapai Garuda Indonesia menyelesaikan penerbangan keberangkatan 112.473 calon jemaah haji dari 10 embarkasi ke Tanah Suci dengan ketepatan waktu terbang (on time performance) diklaim mencapai 90,88%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Penerbangan calon haji untuk fase I yakni keberangkatan dari Tanah Air sudah tuntas pada Sabtu (20/10/2012). Seluruh calon jemaah haji yang kami terbangkan mencapai 112.473 orang,” kata Kepala Komunikasi Perusahaan Garuda Indonesia Pujobroto dalam rilisnya, Minggu malam (21/10/2012).

Dia menyebutkan enerbangan kloter terakhir Garuda (GA 8116) yang membawa calon jemaah haji gabungan dari Lombok dan Banjarmasin mendarat di Jeddah pada 20 Oktober pukul 23.15 waktu setempat. Dengan tibanya penerbangan terakhir (GA 8116) di Jeddah tersebut, maka pada musim haji tahun 2012/1433H ini Garuda dari 21 September sampai 20 Oktober 2012 menerbangkan 112.473 calon jemaah haji dari 10 embarkasi ke tanah suci dalam 295 kelompok terbang (Kloter). Ketepatan penerbangan dari embarkasi Medan dan Lombok bahkan mencapai 100%.

Sebelumnya, pada penerbangan haji 21 – 24 September 2012, beberapa Kloter haji Garuda sempat mengalami penundaan akibat dilaksanakannya missile launching (uji coba rudal) di kawasan India. Uji rudal tersebut mengakibatkan penerbangan haji Garuda yang menggunakan rute penerbangan melalui kawasan India, harus mengalihkan rute penerbangannya melalui Thailand dan Myanmar, sehingga dibutuhkan tambahan waktu penerbangan hingga satu jam.

Setelah para calon jemaah haji melaksanakan ibadah di tanah suci, maka fase kedua atau pemulangan ke Tanah Air nanti akan dilaksanakan mulai 31 Oktober sampai 1 Desember 2012. Khusus untuk para jemaah haji dari embarkasi Jakarta, kegiatan penerbangan langsung dari Madinah menuju Jakarta akan dilaksanakan pada 15 November – 1 Desember 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya