Petani memanen garam di pesisir Wedung, Demak, Jateng, Kamis (12/10/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SOLO -- Ada berbagai reaksi yang kerap dilakukan orang untuk mencegah ular masuk ke permukiman. Salah satunya adalah menyebar garam di sekitar rumah terutama di dekat pintu atau lubang-lubang. Namun, tahukah Anda bahwa tak ada bukti ilmiah bahwa garam bisa mengusir ular?

Pembina Exotic Animal Lovers Indonesia (Exalos) Soloraya, Janu Wahyu Widodo, kepada Solopos.com, Minggu (8/12/2019), menegaskan bahwa menyebar garam di sekitar rumah untuk mencegah ular masuk ke rumah itu hanya mitos. Ia menegaskan telah mencoba kepercayaan itu ratusan kali dengan berbagai jenis garam hasilnya tetap nihil.

“Daripada menyebar garam di sekitar rumah lebih baik memberi wangi-wangian itu lebih efektif,” ujar Janu.

Ia menambahkan apabila menemui ular masuk ke dalam rumah langkah pertama yakni tetap tenang, berpikir jernih, observasi, dan bersiap-siap mencari alat bantu penanganan seperti kayu atau ember. Bila butuh bantuan, dia mengimbau warga menghubungi komunitasnya melalui media sosial secara gratis.

Musim Bertelur, Ini Penyebab Banyak Ular Masuk Permukiman

Di awal musim penghujan ini fenomena ular masuk permukiman cukup sering terjadi. Media sosial pun dihebohkan dengan permintaan para warga untuk membantu mengevakuasi ular yang masuk ke dalam rumah.

Exalos dalam sebulan terakhir telah mengevakuasi sebanyak 40an ular yang masuk ke dalam rumah atau gedung perkantoran. Janu menjelaskan Oktober hingga Januari merupakan masa telur-telur ular menetas. Seekor ular dapat menghasilkan sebanyak 20-an telur.

Warga Gunungkidul Diteror Ular Kobra, Pakar UGM Jogja Sebut Fenomena Wajar

Menurutnya, beberapa jenis ular seperti ular cobra cenderung meninggalkan sarangnya setelah bertelur. Saat telur sudah menetas, anak-anak ular akan langsung menyebar mencari tempat yang dirasa aman.

“Kebanyakan ular yang masuk rumah banyak tumpukan barang dan cenderung kotor. Insting ular itu mencari makan, di tempat yang kumuh itu pasti ada sumber pangan. Ular cenderung tidak tahu arah dan lebih menghindari manusia ular berbisa sekalipun,” ujarnya.

Warga Gunungkidul Diteror Ular Kobra, Paranormal Kewalahan

Menurutnya, cara mencegah ular masuk ke rumah yakni selalu menjaga kebersihan rumah serta tidak menumpuk barang-barang. Selain itu, lubang saluran air harus selalu tertutup.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Gatot Sutanto, mengatakan sudah beberapa kali menerima laporan ular masuk ke dalam rumah. Seperti pada Jumat (6/8/2019) lalu Damkar Solo mengevakuasi ular berjenis sanca di wilayah Kelurahan Panularan, Laweyan, Kota Solo. Ia menegaskan selain memadamkan api, petugas Damkar Solo sudah dibekali pelatihan mengevakuasi hewan ular maupun kera.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten