Penumpang pesawat dari luar negeri yang tiba di Bandara Internasional Jenderal Besar Ahmad Yani Semarang melintas alat pemindai suhu tubuh yang dipasang Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang dalam upaya mencegah penyebaran virus corona, Kamis (23/1/2020). (Antara-Wisnu Adhi)

Solopos.com, SOLO -- Biro perjalanan wisata atau travel agent di Solo memutuskan membatalkan semua tur tujuan Tiongkok. Hal ini menyusul merebaknya virus corona di Wuhan dan beberapa wilayah lain di Tiongkok.

Hal itu terpaksa dilakukan meski biro-biro wisata ini harus menelan kerugian yang tak sedikit lantaran harus mengembalikan uang para wisatawan yang sudah mendaftar secara penuh.

Bagian Tiket Biro Wisata TX Travel Cabang Slamet Riyadi Solo, Yani, mengatakan semua tur tujuan Tiongkok setelah Hari Raya Imlek hingga awal Maret mendatang dibatalkan.

Menurutnya, agen wisatanya tidak mau menanggung risiko jika terjadi apa-apa di Tiongkok. Meski dalam hal ini, Wuhan bukan menjadi jujugan wisata mereka.

"Promo kami untuk awal tahun ini itu ke Hainan. Ini terpaksa kami cancel. Pemerintah di sana juga sudah membatasi penerbangan internasional yang masuk. Kami juga tidak mau mengambil risiko tinggi setelah sampai sana, meski jarak Wuhan ke Hainan itu jauh," ujarnya, saat ditemui wartawan, Selasa (28/1/2020).

RSUP dr. Kariadi Siagakan Ruang Isolasi Pasien Virus Corona

Yani menjelaskan biro wisata yang berpusat di Jakarta ini telah menjalin kerja sama dengan maskapai Lion Air untuk carter flight rute Jakarta-Hainan dan Surabaya-Hainan pergi pulang (PP) dalam dua tahun terakhir.

Maka dari itu, setiap tahunnya ada promo paket wisata ke sana. Sekali berangkat agennya membawa sekitar 170 wisatawan Indonesia.

Mereka bisa mengikuti tur ini dengan memesan paket di berbagai kantor cabang TX, termasuk di Solo. Rata-rata dari Solo dan sekitarnya yang mendaftar atau ikut tur ada 15-20 orang. Mereka kebanyakan rombongan keluarga.

Kali ini promonya yang paling murah tur ke Hainan. Ada dua paket, yakni 5 hari 3 malam Rp4,39 juta dan 6 hari 4 malam Rp4,59 juta. Kondisi di Tiongkok yang mengkhawatirkan membuat belasan paket tur ke salah satu provinsi di Tiongkok itu dibatalkan. Alhasil, ratusan wisatawan gagal berangkat.

"Kami sudah beri tahu pelanggan. Mereka banyak pula yang sudah paham dan malah minta batal. Kami juga kembalikan uang mereka secara penuh. Ya, tidak apa-apa harus merugi karena kondisinya di luar perkiraan," imbuhnya.

Selain Hainan, paket tur ke kota lain di Tiongkok, seperti ke Qingyuan, Guangdong, Kunming, Jiuzhaigou, Shanghai, dan Beijing, ditutup.

Owner Zas Holiday, Dyah Ratna Heryati, mengaku kasus penyebaran virus corona di Tiongkok yang juga telah menyebar ke berbagai negara berdampak pada tur wisata dari dalam negeri ke sana.

Diawali Suara Ledakan, Motor Tabrak Pikap di Gemblegan Solo

"Beberapa tur ke Tiongkok terpaksa kami cancel. Bahkan, tur luar negeri yang zona Asia juga berkurang," paparnya.

Di samping itu, penerbangan tujuan Tiongkok ke sejumlah kota wisata semua dibatalkan. Kali terakhir bironya memberangkatkan tur ke Hainan pada 8 -12 Januari lalu.

"Grup tur teman yang berangkat ke Nanning, Guilin, dan Hainan, dengan carter flight dibatalkan. Ini karena semua objek wisata di sana ditutup mulai 24 Januari. Bahkan, mal, shopping street juga tutup," jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten