SOLOPOS.COM - Meluruskan sejarah, nama asli superhero dan tokoh dunia (Instagram)

Trending sosmed kali ini membahas tentang tagar #Meluruskansejarah.

Solopos.com, SOLO – Belum lama ini media sosial dan forum online diramaikan dengan pembahasan mengenai klaim Gaj Ahmada adalah nama asli Patih Gajah Mada. Hal itu mengundang beragam respons warganet. Salah satunya menyebabkan viralnya tagar #Melusurkansejarah, di mana warganet mengubah nama tokoh populer menjadi nama bernuansa Islam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Klaim Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Islam dituliskan dalam buku Kesultanan Majapahit: Fakta Sejarah yang Tersembunyi. Buku tersebut ditulis oleh Herman Sinung Janutama bersama Tim Kajian Kesultanan Majapahit.19225306_879540762184730_3067686014764054014_n

Meski di buku tersebut mengungkap hasil penelitian penulis dan tim mengenai Majapahit, dalam buku tersebut tidak pernah disebut nama Gaj Ahmada sebagai nama asli Gadjah Mada.  Buku tersebut hanya menyebut Gadjah Mada beragama Islam.

Viralnya nama Gaj Ahmada diduga hanya respons berantai yang muncul karena klaim Kesultanan Majapahit, kini muncul efek domino nama-nama tokoh terkenal diubah menjadi bernuansa Islam dengan tagar #Meluruskansejarah.Nama asli Doraemon adalah Doerrahman (Twitter @humala_pahut)

Ditelusuri Solopos.com, Selasa (20/6/2017), tagar #Meluruskansejarah ditemukan di media sosial (medsos) Twitter, Facebook, dan Instagram. Warganet mengunggah meme tentang nama sebenarnya dari sebuah tokoh, hingga cerita rekaan tentang tokoh tertentu.

Salah satunya adalah tokoh fiktif Doraemon, muncul meme #Meluruskansejarah yang menyebut Doraemon aslinya memiliki nama Doerrahman. “Karena lidah Jepang keseleo jadi Doraemon, hmm begitu,” cuit akun @humala_pahut. Akun Stand up Comedian Arie Kriting juga ikut meramaikan tagar #Meluruskansejarah. Dia menjelaskan nama asli Aristoteles adalah Ar Rais Atta Tholasia yangberasal dari Kesultanan Nero.Meluruskan sejarah nama asli penemu-penemu dunia (Facebook)

Di Facebook dan Instagram candaan #Meluruskansejarah tak hanya mengungkap nama asli, bahkan sejarah hidup tokoh yang dibahas akan dijelaskan secara detail. Salah satu contohnya diunggah akun Facebook Triwibowo Budi Santoso.

Triwibowo mengunggah sejarah terbentuknya band cadas Metalica. Dari cerita yang ditulis Triwibowo, Metalica sebenarnya grup vokal lagu-lagu religi yang mengusung genre kasidah. Nama grup tersebut sebenarnya Misykati al-Liqa’. Grup tersebut dipelopori Qais Hamam (Kirk Hammet) dan Jamal Hamdani (James Hetfield). Keduanya mengajak tiga personil lagi, yaitu, Laras Ulil (Lars Ulrich), Yusuf Nihaya (Jason Newstead), dan Daud Mustain (Dave Mustain).Screenshot_2017-06-20-13-16-25

Akun Instagram @bank_karma membuat cerita rekaan mengenai silsilah aktor populer Chuck Norris. Menurut akun tersebut Chuck Norris memiliki nama asli Cak Nor Iswadi, ia berasal dari Jombang. Sebelum menjadi aktor terkenal, Cak Nor sempat berjualan sate dan bertani, namun usahanya gagal. Kemudian Cak Nor pindah ke Amerika Serikat untuk meniti karier di dunia akting. Akhirnya ia sukses dan namanya berubah menjadi Chuck Norris.Meluruskan sejarah, silsilah grup band Metalica (Facebook) Meluruskan sejarah klaim nama asli Facebook (Twitter) Screenshot_2017-06-20-13-17-17

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya