SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Ilustrasi)

Blangko e-KTP yang dikirim Pusat jauh dari kebutuhan.

Harianjogja.com, SLEMAN— Sebanyak 10.000 blangko e-KTP didistribusikan ke 17 kecamatan di Sleman. Meski demikian, masih dibutuhkan tambahan blangko hingga 77.000 keping untuk pengadaan e-KTP di wilayah ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sleman, Endang Mulatsih, mengatakan distribusi blangko e-KTP dilakukan berdasarkan data Print Ready Record (PRR) atau data yang sudah direkam dan siap cetak di setiap kecamatan. “Berkisar 300 sampai 700 keping [blangko yang disalurkan tiap kecamatan] sesuai kondisi PRR,” ujarnya, Senin (20/11/2017).

Namun, apabila ada kecamatan yang belum menyelesaikan pencetakan e-KTP pada tahap sebelumnya maka blangko akan diberikan kepada wilayah lain yang sudah selesai mencetak kartu tanda penduduk tersebut. Sejak April hingga Oktober 2017, Pemkab Sleman telah menerima pasokan blangko e-KTP dari Pusat sebanyak 44.000 keping. Namun, jumlah tersebut belum memenuhi seluruh kebutuhan blangko e-KTP di Sleman. Disdukcapil mencatat, Sleman masih kekurangan sebanyak 77.000 keping blangko e-KTP hingga saat ini.

Dikatakannya, hingga 20 November 2017, jumlah data PRR di 17 kecamatan di Sleman mencapai 17.371. Sedangkan untuk surat keterangan (suket) pengganti e-KTP yang masih beredar di warga kini berkisar 62.000 lembar. Karena itu, blangko e-KTP sendiri di Sleman masih tetap kekurangan meskipun distribusi sebagian blangko sudah diterima.

Sejauh ini kata dia, pemerintah sudah mencetak e-KTP sebanyak 41.343 keping. Pencetakan paling banyak dilakukan di Sleman, Mlati dan Depok. Ketiga kecamatan tersebut sudah mencetak blangko e-KTP lebih dari 3.000 keping. Sedangkan jumlah paling sedikit yakni di Kecamatan Turi sekitar 1.300 keping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya