Tutup Iklan

Gara-gara Kirim 3 Foto Satelit, Analis Tentara Dihukum 8 Bulan

Seorang analis intelijen Angkatan Laut AS, Samuel Morison dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dan hanya menjalani 8 bulan penjara.

 Foto Samuel Morison yang divonis penjara karena mengirim tiga foto satelit kepada media, diunggah NCSC. (Gambar: twitter.com)

SOLOPOS.COM - Foto Samuel Morison yang divonis penjara karena mengirim tiga foto satelit kepada media, diunggah NCSC. (Gambar: twitter.com)

Solopos.com, SOLO – Pekan ini merupakan pekan bersejarah untuk dunia penegakkan aturan spionase. Pada 1985, seorang analis intelijen Angkatan Laut AS, Samuel Morison dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dan hanya menjalani 8 bulan penjara.

Badan Nasional Kontraintelijen dan Pusat Keamanan AS, NCSC mengunggah foto Samuel Morison untuk mengenang peristiwa tersebut. “AS Samuel Morison dihukum berdasarkan Undang-Undang Spionase karena memberikan foto satelit rahasia dari kapal induk bertenaga nuklir Soviet kepada Jane’s Defense Weekly,” tulis NCSC melalui akun resmi Twitternya, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Bawa Batuan dari Bulan, China Buktikan Lava Usia Miliaran Tahun

Mengutip Washington Post, Morison dihukum pada 17 Oktober di Pengadilan Distrik AS di Baltimore. Pasal yang dikenakan terhadap mantan analis intelijen tersebut adalan spionase dan pencurian.

Morison dituntut karena memasok tiga foto satelit rahasia ke majalah Inggris, Jane’s Defense Weekly. Gambar yang dipasok tersebut gambar kapal induk Soviet yang sedang dibangun.

Saat putusan, Marison berusia 41 tahun. Foto yang dimaksud telah mejeng sebagai cerita sampul pada tahun 1984.

Baca Juga: Peneliti China Sebut Radiasi Bulan 200 Kali Bumi, Apa Manfaatnya?

Morison dihukum berdasarkan Undang-undang tahun 1917 yang didalamnya mengatur perlindungan publik dari mata-mata dan ancaman lainnya terhadap keamanan nasional. Dia merupakan veteran perang Vietnam dan menjadi karyawan selama 10 tahun di Naval Intelligence Suport Center di Suitland. Morison juga dikenal sebagai birokrat yang terbuka.

Dalam artikel Whasington Post, tindakan Morison dianggap bukan pelanggaran. Publikasi pembangunan kapal induk nuklir pertama Soviet disebut memiliki tendensi melawan kekuasaan yang dijalankan secara tidak pas.

Baca Juga: Trump Ikut Campur, China Kirim Kapal Induk ke Selat Taiwan

Morison pun berargumen tidak ada rahasia baru yang dirilis, kecuali foto tersebut menunjukkan peristiwa penting di galangan kapal Soviet.

Dengan kata lain, media di AS mempertanyakan putusan terhadap Morison. Morison memiliki reputasi sebagai cucu sejarawan angkatan laut Samuel eliot Morison yang dicatat pro-Angkatan Laut. Sejarawan tersebut juga dikenal memiliki reputasi baik.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

WhatsApp Web Bisa Buat Stiker Kustom, Sudah Tahu?

Kini WhatsApp versi Web mengembangkan fitur pembuat stickers atau stiker kustom buatan sendiri.

Awas! Malware Joker Kembali, Cepat Hapus 15 Aplikasi Ini dari Android

Analis di perusahaan keamanan siber Kaspersky, Tatyana Shishkova menemukan setidaknya 15 aplikasi Android terinfeksi malware Joker.

Pesawat Luar Angkasa NASA Jadi Tameng Bumi dari Asteroid

NASA bakal meluncurkan pesawat luar angkasa pada 2022. Tujuan pesawat ini adalah menghancurkan diri ketika menabrak sebuah asteroid.

Instagram Akan Hapus Data Pribadi yang Disebar di Add Yours

Meta Indonesia mengatakan Instagram akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi.

Huawei Luncurkan MateBook 14 dan 14s Pada Desember 2021

Huawei akan segera meluncurkan dua laptop sekaligus pada Desember mendatang, yaitu MateBook 14 dan MateBook 14s.

Cara Dapat Set Top Box Gratis TV Digital dari Kominfo

Berikut ini terdapat cara dan syarat untuk mendapatkan set top box (STB) gratis dari Kominfo biar bisa menikmati layanan TV digital.

Berikut Daftar Link Nonton Gerhana Bulan Sebagian

Link siaran langsung Gerhana Bulan Sebagian, 19 November 2021.

Pengin Lihat Gerhana Bulan Sebagian? Catat Jamnya

Jadwal Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia.

Menantang Kemampuan iPhone 13 Series Memotret Gerhana Bulan Sebagian

Menantang kemampuan kamera iPhone 13 Series untuk memotret Gerhana Bulan Sebagian.

Drone Bramor PPX Bantu Pemetaan Tol Cisumdawu

Drone Bramor PPX milik Terra Drone Indonesia menyelesaikan pekerjaan survei pemetaan udara menggunakan drone untuk proyek tol Cisumdawu.

Huawei Ajak Intip Tipikal Pacar Insinyur Cantik Ini

Insinyur cantik yang bekerja di perusahaan Huawei tertarik mencari pacar dari bidang teknologi.

Ajak Pengguna Bernyanyi, Spotify Luncurkan Fitur Lirik Lagu

Spotify luncurkan fitur baru berupa lirik lagu.

Oppo Luncurkan A95, Ini Harga dan Fitur Unggulannya

Oppo A95 resmi diluncurkan membidik pengguna muda.

Peretasan Data Polisi: Akun Penggunggah Database Polri Ditangguhkan

Twitter batasi akun penyebar data personel Polri.

Doa dan Harapan Masuk 5 Besar Reels Instagram Paling Digemari

Konten komedi rangking satu dan konten doa dan harapan ranking lima paling banyak digemari pemirsa Reels Instagram Indonesia.