Gara-Gara Jokowi, Porang Varietas Madiun-1 Banyak Diburu, Penyedia Benih Kewalahan

Permintaan porang varietas Madiun-1 melonjak menjelang musim tanam tahun ini. Permintaan datang bukan hanya dari loka jatim namun juga luar pulau.

 Pekerja sedang menyortir benih porang varietas Madiun-1 di gudang milik PT Repindo di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Selasa (21/9/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Pekerja sedang menyortir benih porang varietas Madiun-1 di gudang milik PT Repindo di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Selasa (21/9/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Permintaan benih porang varietas Madiun-1 meningkat tajam menjelang musim tanam porang pada tahun ini. Bahkan permintaan juga datang dari berbagai provinsi.

“Ini pesanan sudah membeludak. Baik untuk benih berupa umbi maupun katak,” kata Direktur PT Repindo, Mustofa, Selasa (21/9/2021).

Mustofa menuturkan untuk pesanan benih berupa umbi porang sejauh ini sudah mencapai 150 ton. Untuk benih umbi, dia menuturkan hanya dijual kepada petani di wilayah Jawa Timur. Hal itu bertujuan untuk mengembangkan benih varietas Madiun-1.

“Kalau benih umbi memang belum kami jual ke luar pulau. Karena kami ingin varietas Madiun-1 bisa dikembangkan di petani-petani sekitar Madiun,” ujarnya yang menyebut perusahaannya merupakan salah satu pemilik izin edar porang varietas Madiun-1.

Baca Juga: Pasca Dikunjungi Presiden Jokowi, Benih Porang Madiun-1 Laris Manis

Sedangkan untuk pesanan dari luar pulau, kata Mustofa, benih yang dipesan adalah jenis katak. Pemesannya tersebar dari Aceh, Bali, Sulawesi, Kalimantan, hingga Jakarta. Saat ini tercatat sekitar 500 kg benih porang jenis katak yang siap kirim.

“Di gudang ini, semua benih porang, baik jenis katak maupun umbi sudah dipesan. Saat ini kami belum memiliki stok yang ready,” kata Mustofa.

Dikarantina Dulu

Untuk memastikan benih porang yang berkualitas, dia menuturkan semua benih dari petani harus menjalani karantina dua pekan di gudang. Setelah itu, pihaknya akan menyortir umbi dan katak tersebut.

“Karantina ini untuk mengetahui kualitas benih porang itu. Kalau kualitasnya buruk atau busuk ya disisihkan. Ada mekanisme verifikasi yang dilakukan,” katanya.

Baca Juga: Porang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Melonjaknya permintaan porang Madiun-1 terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung di Madiun 19 Agustus 2021 untuk meresmikan pabrik pengolahan di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun.

Hal tersebut dikonfirmasi Ketua Yayasan Masyarakat Porang Indonesia (YMPI). “Ini yang telepon dan sudah serta akan berkunjung dari luar daerah cukup banyak. Terlebih pasca kunjungan Pak Presiden 19 Agustus lalu. Banyak yang tanya benih porang Madiun-1,” kata dia, Senin (13/9/2021).


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Bus Arema FC Diserang Oknum Suporter Berbendera Persebaya

Bus Arema FC diserang oknum suporter berbendera Persebaya di Jogja, Rabu (20/10/2021) malam.

Viral! Bupati Jember-Istri Nyanyi dan Joget di Pesta Pernikahan

Bupati Jember bersama istrinya bernyanyi dan berjoget dalam acara pernikahan, Minggu (17/10/2021) siang.

Persoalan Uang Bulanan Atlet Kota Madiun Bergulir, Jadi Perdebatan?

Persoalan uang bulanan atlet di Kota Madiun masih bergulir setelah Wulan menyebut Pemkot Madiun ingkar janji soal uang bulanan.

2 Hari, 2 Rumah di Ponorogo Terbakar, Ini Penyebabnya

Sebanyak 2 rumah di Kabupaten Ponorogo mengalami kebakaran selama dua hari terakhir, yakni Selasa-Rabu (19-20/10/2021).

Awas! Jalur Pantura di Bangil-Pasuruan Macet Parah saat Jam Tertentu

Arus lalu lintas di Jalan Pantura tepatnya di Jalan Raya Bangil-Pasuruan macet parah terutama saat jam kerja karena perbaikan jembatan.

Lorong Bawah Tanah di Kodim, Jalur Telegraph Banyuwangi-Australia?

Disparbud Banyuwangi menduga lorong bawah tanah di Kodim 0825 Banyuwangi bagian dari sambungan telegraph Banyuwangi ke Australia.

Polisi di Banyuwangi Belum Terima Aduan Pria Onani Sambil Berkendara

Polisi tengah memburu pria yang melakukan onani sambil mengendarai motor di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) yang videonya viral di medsos.

Ih! Pria di Banyuwangi Onani Sambil Naik Motor

Seorang pria di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) melakukan perbuatan tidak senonoh, yakni melakukan masturbasi atau onani sambil mengendarai sepeda motor.

Disebut Sombong, Peraih Medali PON Papua Ingin Tinggalkan Kota Madiun

Susi Dewi Wulandari, atlet Kota Madiun yang tampil di PON XX Papua berencana pindah kependudukan dari Kota Madiun.

Ditangkap! Pengasuh Ponpes di Mojokerto yang Cabuli Santriwati

Polres Mojokerto menangkap seorang pengasuh ponpes yang dilaporkan mencabuli santriwatinya beberapa kali.

Jembatan Kaca Bakal Dibangun di Gunung Bromo, Ini Fasilitasnya

Jembatan kaca sepanjang 120 meter dengan fasilitas pendukungnya akan dibangun di kawasan wisata Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim).

Tak Punya Sirkuit, Atlet Sepatu Roda Latihan di Bantaran Kali Madiun

Porserosi Kota Madiun berharap pemerintah membangun sirkuit sepatu roda agar atlet sepatu roda tidak latihan di fasilitas umum, salah satunya bantaran Kali Madiun.

Jaring Atlet Sepatu Roda, Perserosi Madiun Gelar Kompetisi Internal

Sebanyak 60 atlet mengikuti ajang kompetisi internal Sepatu Roda Pendekar Inline Skate Cup I di lantai III Pasar Besar Madiun, Rabu (20/10/2021), yang diselenggarakan Porserosi Kota Madiun.

Pelajar Ponorogo Meninggal Kecelakaan Tabrak Pohon, Mabuk?

Pelajar meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Ponorogo-Jetis, Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Rabu (20/10/2021) dini hari.

Unik! Peringati Maulid Nabi, Warga Madiun Bagikan Koin Jutaan Rupiah

Keluarga keturunan Eyang Ali Mutohar, tokoh pendiri Desa Kedondong membagikan uang koin senilai jutaan rupiah kepada warga setempat untuk memperingati Maulid Nabi.