SOLOPOS.COM - Mobil Esemka (dok)

Mobil Esemka (dok)

Hingga akhir tahun 2011 lalu, geliat Solo Techno Park (STP) yang beralamat di Jl Ki Hajar Dewantara belakang Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) belum banyak dikenal orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain memang pembangunan fisik yang belum selesai, program unggulan pengelasan dalam air juga belum begitu diminati masyarakat Soloraya. Namun situasi tersebut berubah 180 derajat menginjak awal tahun ini. Bersamaan dengan peluncuran mobil Kiat Esemka sebagai mobil dinas (Mobdin) Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) dan Wawali, FX Hadi Rudyatmo, nama STP sontak melambung tinggi.

Apalagi STP akan dijadikan pusat industri mobil rakitan para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) itu. Situasi itu membuat jumlah tamu atau pengunjung STP melonjak hingga 3000 persen pada bulan Januari ini. Bila pada bulan November dan Desember 2011 jumlah pengunjung hanya 11 orang dan 12 orang, sepanjang Januari ini tamu STP mencapai 360 orang. Data itu dihimpun Solopos.com dari buku tamu harian STP hingga Kamis (26/1).

Bukan rahasia lagi, manuver Jokowi yang menggunakan mobil Kiat Esemka sebagai Mobdin-nya, menjadi faktor utama peningkatan ini. Apalagi langkah Jokowi tersebut mendapat apreasiasi positif sangat besar di tingkat nasional. Selain meningkat tajam, saat ini latarbelakang para tamu STP lebih bervariasi dan berkelas. Mulai dari pelajar, pengusaha, politikus, kepala daerah, menteri hingga legislator dari Senayan.

(JIBI/SOLOPOS/Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya