Gegara Dayana, Fiki Naki Raup Rp500 Juta/Bulan
Pacaran jarak jauh Dayana dan Fiki Naki. (Youtube.com-Fiki Naki)

Solopos.com, JAKARTA — Muhammad Fiqih Ayatullah, youtuber kondang yang berhasil merebut simpati netizen Indonesia melalui channel Youtube Fiki Naki melalui rekaman video Ome TV meraup penghasilan hingga ratusan juta rupiah. Terutama setelah ribut berkepanjangan soal endorsment usaha jasa pengiriman barang dengan manajemen Dayana Asembayeva, perempuan Kazakhstan lawan bicaranya di Ome TV.

Nama Fiki Naki menarik perbincangan publik karena kemampuan multi lingual Fiqih Ayatullah. Netizen semakin terpesona karena ketampanan dan kecerdasan Fiqih membuat Dayana Asembayeva kesengsem dan mengajaknya menikah dalam pertemuan pertama mereka di Ome TV. Netizen Indonesia yang terpesona beramai-ramai mem-follow Instagram Dayana, @demi.demik.

Sayangnya, tak bertahan lama. Menjelang Valentine's Day, manajemen Fiki Naki menerima tawaran endorsment usaha jasa pengiriman barang Shipper. Namun Fiqih Ayatullah menolak tawaran dengan alasan skenario yang terlalu settingan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Manajemen Fiki Naki pun mengalihkan peran endorsment Shipper itu ke Dayana. Perempuan Kazakhstan itu dikesankan seolah-olah menerima alas kaki kiriman Fiqih dari Indonesia sebagai bingkisan Valentine's Day.

Agar Dayana seolah-olah menerima bingkisan secara tepat waktu atas jasa Shipper, maka manajemennya tinggal membeli sendiri bingkisan itu di Kazakhstan lalu menyematinya dengan logo jasa pengiriman barang itu. Sayangnya skenario mengelabuhi netizen dengan kisah tipu-tipu itu tak berlangsung mulus.

Karena koordinasi terlalu malam, manajemen Dayana tak berhasil memenuhi kewajiban belanja barang dan mengemasnya sesuai tenggat waktu.  Manajemen Fiki Naki di Jakarta pun mengambil alih. Bingkisan dibeli dan dikemas di Indonesia lalu difoto untuk disematkan di Instagram Story @demi.demik.

Baca Juga: Waspada, 12 Zodiak Kerap Keliru Asuh Anak!

Upah ambil alih kewajiban belanja dan foto bingkisan itu, manajemen Fiki Naki menuntut 50% dari uang jasa endorsment Shipper bagi Dayana. Namun, manajemen @demi.demik tak sepakat dan memilih menurunkan saja foto endorsment Shipper tersebut dari Instagram Story @demi.demik.

Kerja sama pun batal dan skenario manajemen Fiki Naki pun terbongkar. Sebagai gantinya, Fiqih Ayatullah mewawancarai manajernya dan berkisah tentang Tere, sang manajer, yang merasa menjadi kambing hitam dalam kasus tersebut.

Salahkan Dayana

Youtube, Fiki Naki
Tangkapan layar report pendapatan channel Youtube Fiki Naki menembus Rp500 juta per bulan. (Bisnis)

Buntutnya luar biasa. Netizen Indonesia mempersalahkan Dayana dan memilih membatalkan following mereka atas akun @demi.demik di Instagram. Follower yang semula lebih dari 2.000.000 menjadi sejutaan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Kuliner Ayam, Bebek, Angsa

Siapa sangka buntut batalnya Rp200 juta endorsment Shipper itu, Fiqih Ayatullah justru ketiban untung. Youtuber asal Pekan Baru ini kini ketahuan memiliki penghasilan hingga Rp502,13  juta.

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) yang mengutip Influencer Marketing Hub, Selasa (2/3/2021), memaparkan youtuber itu berhasil dalam usahanya mendapatkan subscribers sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, iklan yang didapatkan juga semakin banyak.

Lebih lanjut, penonton juga harus menonton setengah dari iklan untuk video yang sangat pendek agar Youtuber mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. "Agar dihitung sebagai pembayaran, penonton harus menontonnya setidaknya selama 30 detik," jelasnya.

Baca Juga: Bertahan di Peluang Bisnis Nasi Biryani

Berdasarkan data dari Nox Influencer, Selasa (2/3/2021), channel Youtube Fiki Naki diperkirakan berhasil mengantongi penghasilan bulanan sebanyak Rp143,45 juta hingga Rp502,13 juta. Perhitungan pendapatan youtuber kelahiran Pekalongan itu bisa dihitung dengan Cost per Mille atau CPM.

CPM adalah harga per 1.000 kali tampilan (views). Sementara CPM yang didapatkan channel Youtube Fiki Naki adalah sebanyak Rp11.000-Rp38.500. "Perkiraan penghasilan [Fiki Naki] Rp413,93 juta setiap video," tulis data Nox Influencer, Selasa (2/3/2021).

Youtuber yang bergabung pada tahun 2019 itu telah memiliki 3,74 juta subscribers dengan angka pertumbuhan yang pesat. Fiqih mendapatkan 3,5 juta subscribers hanya dengan hitungan kurang dari satu bulan. Pada 29 Januari 2021, Fiki mendapatkan 3 juta subscribers. Kemudian kurang dari satu bulan, pada 18 Februari 2021, bertambah menjadi 3,5 juta subscribers.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Sumber: Bisnis



Berita Terkini Lainnya








Kolom