SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerai JKFC. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Para karyawan KFC sepertinya harus lebih bersabar. Pemegang merek KFC, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), akan memotong gaji karyawan dan menunda pemberina tunjangan hari raya (THR).

Dilaporkan Detik.com, Selasa (28/4/2020), pemotongan gaji dan penundaan THR itu dipicu tutupnya 97 gerai KFC di Indonesia karena pendemi virus corona (Covid-19).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Perseroan menyampaikan bahwa terdapat 97 gerai Perseroan yang ditutup karena mal/plaza dinyatakan harus tutup karena dampak Covid-19. Di mana hal tersebut juga dialami oleh seluruh tenant atau penyewa dalam mal/plaza yang tutup tersebut [bukan hanya Gerai kam])," demikian pernyataan yang ditandatangani Direktur PT Fast Food Indonesia Justinus Dalimin Juwono.

Perawat Diusir Dari Indekos, Pemkot Solo Siapkan Dalem Priyosuhartan Untuk Menampung

Selain 97 gerai itu, semua gerai KFC masih tetap beroperasi dengan menutup dine-in atau makan di tempat. KFC tetap melayani pesanan take-away atau bungkus, layanan pengantaran online, home delivery atau pesan antara, dan drive-thru.

Manajemen KFC mengklaim pemotongan gaji karyawan dan penundaan THR merupakan kesepakatan bersama.

"Untuk para pekerja perseroan yang bekerja, maka disepakati untuk melaksanakan penyesuaian beban upah selama periode wabah COVID-19. Penyesuaian beban upah tersebut dilakukan dengan mekanisme penurunan dan penundaan beban upah yang bervariasi dengan penurunan terbesar di tingkat manajemen senior ke atas," jelasnya.

Jadi Buruan Saat Bulan Puasa, Ini Beragam Jenis dan Manfaat Kurma

KFC juga menerapkan kebijakan penjadwalan kerja dan merumahkan sebagian pekerjanya dengan ketentuan. Karyawan KFC yang masuk bekerja di store level tidak dikenakan pemotongan gaji namun dikenakan penundaan sebagian kecil pembayaran upah.

"Untuk pekerja store level dirumahkan akan menerima pemotongan upah dan penundaan sebagian kecil pembayaran upah," lanjutnya.

Perusahaan bersama karyawan KFC juga diklaim menyepakati penyesuaian gaji dan THR. "Telah disepakati untuk melaksanakan penyesuaian pembayaran THR dengan mekanisme penurunan dan penundaan pemberian THR yang bervariasi dengan penurunan terbesar di tingkat manajemen senior ke atas," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya