SOLOPOS.COM - Gapura Makutha (Espos/Agoes Rudiyanto/dok)

Gapura Makutha (Espos/Agoes Rudiyanto/dok)

SOLO–Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo memastikan akan memeriksa secara menyeluruh konstruksi Gapura Makutha seperti diinstruksikan oleh Wakil Walikota (Wawali) FX Hadi Rudyatmo.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kepala DPU, Agus Djoko Witiarso mengatakan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan personel di DPU yang memiliki keahlian di bidang itu. Namun demikian, langkah awal sudah dilakukan dengan mendatangi langsung lokasi proyek di Jl Adisucipto, Solo itu.

“Kami sudah mengecek ke sana dan meminta dokumen perencanaan pembangunan yang dibuat oleh konsultan perencana sebagai pijakan untuk pemeriksaan,” jelas Agus, saat diwawancarai Solopos.com melalui telepon, Rabu (18/4/2012).

Bicara mengenai struktur yang ada sekarang berdasarkan pengamatan, Agus menjelaskan bangunan yang sudah ada saat ini adalah fondasi dan tiang. Selanjutnya yang dikerjakan adalah bangunan mahkotanya.

Agus mengatakan pihaknya akan mengecek material yang digunakan untuk konstruksi itu lalu mencocokkannya dengan dokumen perencanaan yang dibuat oleh konsultan perencana.

Menurut Agus, sepanjang material yang digunakan sesuai dengan dokumen perencanaan, dia memperkirakan tidak akan terjadi permasalahan terkait kekokohan bangunan. Tapi sebaliknya, jika di tengah proses pembangunan pihak investor mengubah material sehingga tidak sesuai dokumen perencanaan, maka perlu dikaji ulang.

Sementara itu dari pihak PT Rizki Adi Perkasa (RAP) selaku investor belum ada yang bisa dimintai konfirmasi.

Diwartakan sebelumnya, Wawali FX Hadi Rudyatmo memerintahkan DPU mengecek kondisi konstruksi Gapura Makutha. Rudy khawatir bangunan itu tidak kokoh karena dibiarkan mangkrak cukup lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya