Gapura Kampung Ketandan Jogja (Harian Jogja)

Solopos.com, JOGJAPengaruh budaya China sangat besar di dunia. Lihat saja, banyak tempat yang mengadopsi arsitektur China sebagai hiasan suatu bangunan. Seperti gapura Kampung Ketandan, Jogja, yang dibuat dengan sentuhan China.

Gapura Kampung Ketandan Jogja terkenal berkat https://viral.solopos.com/">foto viral di Instagram yang menandai Shanghai, China sebagai lokasinya. Foto viral itu kemudian diunggah ulang akun Instagram @shanghai.explore, Senin (10/6/2019). Namun, pengelola akun @shanghai.explore memberikan penjelasan terkait foto viral gapura Kampung Ketandan tersebut.

“Foto ini diambil di Indonesia yang ditandai Shanghai,” terang administrator @shanghai.explore sebagai keterangan foto https://viral.solopos.com/">viral tersebut.

Dikutip dari https://viral.solopos.com/">Harian Jogja, Selasa (18/6/2019), Kampung Ketandan dikenal sebagai daerah pecinan di Jogja. Kabarnya, Kampung Ketandan bakal menjadi pusat budaya Tionghoa. Seorang tokoh Tionghoa di Kampung Ketandan, Gotama Fatoni, menjelaskan, tempat itu sudah ditinjau oleh Dubes China untuk Indonesia.

"Di sana rencana menjadi rumah budaya, sudah ditinjau juga oleh dubes Tiongkok [untuk Indonesia]. Kalau konsep yang direncanakan kemudian terencana, di sana akan menjadi pusat budaya Tionghoa," kata Gotama Fatoni.

Sebelumnya, Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti mengatakan, Pemkot Jogja intensif menata kawasan yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya. Sedikitnya ada lima kawasan cagar budaya di Kota Jogja. Selain Malioboro, kawasan cagar budaya lain berada di Kraton, Pakualaman, Kotagede dan Kotabaru.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten