SOLOPOS.COM - BPBD, TNI/ Polisi dan masyarakat membersihkan material longsoran talud pagar SD N 2 Kadipiro, Jumapolo pada Jumat (20/5/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR—Memasuki musim penghujan, masyarakat diimbau agar waspada terhadap potensi bencana alam di wilayah masing-masing.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Bagoes Darmadi, mengatakan hujan dengan intensitas rendah, sedang, hingga lebat sudah terjadi di wilayah Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Masyarakat diharapkan agar berhati-hati dan waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana alam yang menyertai seperti angin ribut, banjir, dan tanah longsor.

“Perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika [BMKG] saat ini sudah memasuki musim penghujan sehingga hujan dengan intensitas rendah hingga lebat sudah terjadi. Kami harap masyarakat selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam,” ujarnya, Selasa (4/10/2022).

Sementara itu, pihaknya juga menggiatkan pemantauan situasi secara rutin melalui komunikasi dalam grup perpesanan atau melalui radio.

Pemantauan ini menggandeng personel sukarelawan di berbagai daerah. “Kami juga cek rutin situasi melalui teman-teman sukarelawan baik lewat radio maupun grup WhatsApp supaya jika terjadi sesuatu, maka langsung dilakukan koordinasi dan penanganan,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan peralatan early warning system (EWS) yang sudah terpasang di beberapa daerah rawan bencana.

Menurutnya, saat ini EWS dalam kondisi baik dan berfungsi dengan benar. Diharapkan, jika terjadi bencana alam dapat diketahui lebih dini sehingga semua pihak dapat melakukan mitigasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya