Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menantang anggota terpilih DPRD Jateng periode 2019-2024 untuk melanjutkan prestasi pendahulunya yang disiplin dalam menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Hal itu disampaikan Ganjar saat menggelar silaturahmi anggota DPRD Jateng terpilih dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (2/9/2019).

"Setelah masuk [dilantik] Anda harus membuat LHKPN. Saya sudah bilang ke KPK [Komisi Pemberantasan Korupsi] kalau itu sudah menjadi komitmen kita dari awal," ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan patuh dalam menyerahkan LHKPN secara rutin merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan, serta terbebas dari tindak pidana korupsi.

Upaya itu juga sudah menjadi kesepakatan Pemprov Jateng dengan DPRD Jateng. Bahkan dengan kepatuhan itu, baik Pemprov Jateng maupun DPRD Jateng diguyur berbagai penghargaan dari KPK.

"Tingkat kepatuhan kita dalam LHKP adalah 100%. Dengan kepatuhan ini, tingkat gratifikasi ke pejabat negara juga bisa ditekan," imbuhnya.

Ganjar menyebutkan selama pemerintahannya, tingkat gratifikasi ke pejabat publik juga terus menurun. Pada tahun 2016, kasus gratifikasi pejabat di lingkungan Pemprov Jateng mencapai 63 kasus dengan nominal mencapai Rp75,9 juta.

Angka itu menurun drastis pada 2017, menjadi 19 kasus dengan nominal Rp8,4 juta. Sedangkan pada 2018, kasus gratifikasi juga turun menjadi 14 kasus dengan nominal Rp61,1 juta dan 2019 menjadi 2 kasus dengan nominal Rp600.000.

"Jadi bapak-ibu nanti enggak usah kaget kalau berkunjung ke instansi kami tidak dapat apa-apa [bingkisan]. Justru kalau enggak ada gratifikasi mungkin bisa disalurkan ke indeks kunjungan kerja," imbuhnya.

Terpisah, ketua sementara DPRD Jateng periode 2019-2014, Bambang Kusriyanto, mengaku siap menjalankan anjuran dari Gubernur Jateng itu.

"Kita siap. Malahan semua anggota yang terpilih ini sudah melaporkan LHKPN, jadi enggak masalah," ujar pria yang akrab disapa Bambang Kribo itu.

Total ada 120 orang anggota DPRD Jateng periode 2019-2024 yang terpilih pada Pemilu 2019. Mereka rencana dilantik dalam acara seremoni di Gedung DPRD Jateng, Selasa (3/9/2019) nanti.

http://semarang.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten