SOLOPOS.COM - Kedatangan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Bandara Babullah disambut warga Ternate dengan meriah, Jumat (15/10/2021). (Istimewa-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Di tengah polemik banteng versus (vs) celeng di kubu internal PDIP yang tengah memanas, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melakukan kunjungan ke Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (15/10/2021).

Kedatangan politikus PDIP itu pun disambut meriah ratusan warga Ternate di Bandara Sultan Babullah. Dari pertunjukan kesenian hingga prosesi adat dihadirkan untuk memberi penghormatan kepada orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari warga bersuku Ternate, mereka menyuguhkan tari Cakalele. Sebuah tarian perlambang keberanian yang dipersembahkan untuk tamu kehormatan. Bahkan mereka juga melakukan prosesi adat keselamatan dan keberkahan.

Baca juga: Soal Banteng Vs Celeng, Gibran: Statemen Pak Rudy Sangat Menyejukkan!

“Sebuah kehormatan Pak Ganjar tiba di sini. Semoga membawa berkah bagi warga Ternate dan membawa kebaikan untuk beliau,” kata seorang peserta prosesi adat Ternate, Nur Adiansyah, dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Jumat pagi.

Selain suku Ternate, warga setempat yang bersuku Jawa tidak mau ketinggalan untuk memberi penghormatan. Bagi mereka yang sudah puluhan tahun menetap di Ternate, jadi sebuah kebanggaan bisa bertemu dengan salah satu tokoh dari kampung halamannya.

“Sangat bahagia. Beliau ini kan bapak kita. Luar biasa rasanya,” kata Bagyo Widodo, salah satu tetua Kerukunan Keluarga Persaudaraan Jawa (KKPJ) Ternate.

Menurut Bagyo, penyambutan yang diberikan warga Ternate kepada Ganjar ini luar biasa. Dia menyebut ini adalah simbol persatuan yang semakin kuat antara Suku Jawa dan Ternate.

“Kami warga Jawa yang di sini mengajarkan warga asli sini tentang gamelan, tembang-tembang Jawa dan tarian. Sebaliknya, anak-anak kami juga belajar adat dan kesenian Suku Ternate,” katanya.

STQ Nasional

Sementara itu, Ganjar datang ke Ternate dalam rangka mendampingi kaflah Ganjar tiba di Ternate dalam rangka mendampingi kafilah Seleksi Tilawatil Quran Jateng yang akan tampil pada STQ Nasional XXVI di Maluku Utara.

Baca juga: Heboh Banteng Vs Celeng, Rudy Ungkit Soal Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Ganjar yang datang bersama istrinya, Siti Atikoh, tidak menyangka bakal mendapat sambutan semeriah itu.

“Yang penting semua rukun. Untuk saudara-saudaraku dari Jawa, ingat di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Sebisa-bisanya harus memberi manfaat di manapun berada,” katanya.

Ganjar belakangan ini menjadi pusat pemberitaan di sejumlah media. Hal ini menyusul deklarasi dukungan dari sejumlah kader PDIP agar dirinya maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dukungan kepada Ganjar ini pun membuat sejumlah elit partai berlambang kepala banteng itu naik pitam. Bahkan, Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, mengibaratkan kader yang mendukung Ganjar untuk maju sebagai capres itu, celeng.

Pernyataan Bambang Pacul ini pun akhirnya memunculkan barisan celeng berjuang dan fenomena banteng vs celeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya