Tutup Iklan

Ganjar Pranowo Sebut Wali Kota Solo Gibran Role Model Agen Pancasila

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menilai Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka layak menjadi role model implementasi nilai-nilai Pancasila.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan penghargaan kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dalam Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023 di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Rabu (14/4/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan penghargaan kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dalam Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023 di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Rabu (14/4/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SOLO -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menilai Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bisa menjadi role model implementasi nilai-nilai luhur Pancasila.

Ganjar mengatakan saat ini dibutuhkan agen-agen untuk membumikan Pancasila. Sehingga nilai-nilai luhur Pancasila bisa terimplementasikan dalam tindakan atau perilaku nyata sehari-hari.

Salah satu sosok yang menurut Ganjar bisa menjadi role model implementasi nilai-nilai Pancasila yaitu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Pernyataan itu ia sampaikan saat wawancara dengan wartawan seusai menjadi salah satu pembicara Talkshow Memperingati Hari Lahir Pancasila; Pancasila dalam Tindakan, Selasa (1/6/2021).

Baca Juga: Pembonceng Motor Berdiri Dalam Kondisi Bugil di Klaten Bakal Dijerat UU Pornografi Dan ITE

“Ada yang muda banget, Mas Gibran, Wali Kota Solo, bisa dijadikan role model kan, dalam kepemimpinan, bagaimana dalam aksi nyata. Terus kemudian mengajak anak muda seperti apa,” ujarnya.

Menurut Ganjar, zaman sudah berubah, sehingga dibutuhkan gerakan atau kampanye contoh nyata tentang nilai-nilai Pancasila. Politikus PDIP itu menyebut Pancasila sebagai live star dinamis atau bintang bercahaya yang dinamis.

Salah satu bentuk implementasi nilai luhur Pancasila di Jateng menurut Ganjar yaitu keberadaan Satgas Jaga Tangga dalam penanganan Covid-19. Satgas ini tak melihat latar belakang agama, suku, atau parpol, dalam menolong orang lain.

Baca Juga: Luas Wilayah Solo Tambah 2,68 Kilometer Persegi, Kok Bisa?

Penggunaan Media Sosial

“Menolong orang tidak perlu ditanya agamanya apa, parpolnya apa, atau sukunya apa. Tolong ya tolong saja. Praktik-praktik itu mesti disampaikan. Teknologi sudah digital. Kalau ada konten-konten yang baik upload dong dengan narasi-narasi positif, prestasi-prestasi. Sehingga Pancasila sebagai live star dinamis bisa dimunculkan,” tuturnya.

Penuturan senada disampaikan Gibran Rakabuming Raka dalam paparannya. Menurut Wali Kota Solo Gibran, anak muda bisa mengambil peran dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti dengan membanjiri media sosial dengan konten-konten positif atau prestasi membanggakan bangsa dan negara. Namun ia mengakui penggunaan media sosial sering kali masih mengedepankan aspek kontroversial dan bombastis.

Baca Juga: Gerindra-Demokrat Sragen Sepakat Jadi Partai Penyeimbang Pemerintahan Yuni-Suroto 

Sebab konten-konten kontroversial dan bombastis selalu mendapat banyak respons, ketimbang konten-konten yang bersifat edukatif atau prestasi. Kondisi tersebut menurut Gibran menjadi pekerjaan rumah bersama.

“Masalahnya ya itu, kalau beritanya tidak bombastis, tidak kontroversial, tidak menjual. Kadang-kadang itu yang kita kesusahan. Kita banjiri konten positif responsnya kurang. Tapi ketika ada yang kontroversial, yang lihat banyak banget. Ini jadi PR kita ke depan. Misalnya kemarin Solo dapat WTP ke-11 kali kan tidak ada yang gagas,” urainya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sidak Proyek Kantor BPBD, Wabup Klaten Peringatkan Kontraktor!

Nilai kontrak pembangunan Kantor BPBD yang disidak Wakil Bupati Klaten senilai Rp7,59 miliar dari APBD Klaten. Rentang waktu pengerjaan selama 180 hari dimulai sejak Juni 2021.

Mau Petik Jambu, Pekerja Proyek Malah Temukan Granat Nanas di Solo

Saat hendak memetik jambu di tepi rel kereta api, Danu melihat benda mencurigakan yang ternyata sebuah granat yang diduga masih aktif.

P4GN Karanganyar Peringati Hari Karang Taruna

Selain sosialisasi antinarkoba, P4GN Karanganyar juga mengadakan bakti sosial berupa pembagian nasi dalam boks kepada pedagang kaki lima (PKL) dan warga di wilayah kota kecamatan Jatipuro untuk memeringati Hari Karang Taruna.

Serbuan Vaksinasi Dinilai Sukses, Polres Klaten Dapat Penghargaan

Penghargaan diberikan menyusul peran aktif jajaran Polres Klaten di bawah komando AKBP Eko Prasetyo dalam menyukseskan serbuan vaksinasi di Kabupaten Bersinar.

Anggota DPR: Kurang Anggaran Bikin Digitalisasi Buku Solo Tak Maksimal

Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng menyebut digitalisasi buku di perpustakaan Solo tidak maksimal karena kurang anggaran.

BST Kemensos Disetop? Kadinsos Wonogiri: Tunggu Surat Resmi Saja!

Dinas Sosial Wonogiri masih menunggu surat keputusan resmi dari Kemensos terkait informasi mengenai penghentian BST dampak pandemi Covid-19.

320 Petani Milenial Klaten Diusulkan Ikut Pelatihan di Kementan

Pemkab Klaten mengusulkan ratusan petani milenial yang umurnya di bawah 40 tahun ikut pelatihan dari Kementerian Pertanian.

Apa Kabar Rencana Gedung RSUD Sukoharjo di Bekas Terminal Kartasura?

Saat pemerintahan Bupati Wardoyo Wijaya, lahan bekas Terminal Kartasura diproyeksikan untuk gedung unit II RSUD Ir Soekarno Sukoharjo.

Tak Sanggup, Pengelola Serahkan Rusunawa Begalon I ke Wali Kota Solo

Pengelola Rusunawa Begalon I Solo menyerahkan pengelolaan rusunawa tersebut ke Wali Kota Solo karena sudah tidak sanggup.

Populasi Kucing Jalanan Soloraya Naik saat Pandemi Corona, Mau Adopsi?

Pegiat komunitas pencinta kucing, Rudimeong, mengajak masyarakat untuk mengadopsi kucing jalanan ketimbang membeli.

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

Pertandingan Pembuka Liga 2 di Stadion Manahan Solo Dijaga 350 Polisi

Pertandingan pembuka kejuaraan sepak bola Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Minggu sore, dijaga ratusan aparat kepolisian.

Brankas Berisi Rp300 Juta Selamat dari Kebakaran Pasar Janglot Sragen

Brankas berisi uang Rp300 juta selamat dari kebakaran Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang menghanguskan puluhan kios dan los.

Unik! Ada Ormas Bernama Polokendho di Soloraya, Apa Saja Kegiatannya?

Organisasi kemasyarakatan atau ormas di Soloraya ini punya nama unik yakni Polokendho, anggotanya dari berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan.