Tutup Iklan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istri mengenakan jersey sepeda bermotif batik. (Antara-Instagram ganjar_pranowo)

Solopos.com, SEMARANG — Warganet dari berbagai daerah menyatakan ketertarikan dengan jersey sepeda bermotif batik dan beskap yang digunakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istri, Siti Atikoh, yang diunggah di media sosial Instagram.

Melalui salah satu foto di Instagram ganjar_pranowo yang diakses publik Senin (2/9/2019) malam, Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh kompak mengenakan jersey sepeda bertema batik. Jika dilihat sekilas, penampilan suami istri itu seperti mengenakan pakaian batik, padahal itu jersey sepeda bermotif batik.

"Makasih kawan2 yg sdh mendisain jersey gowes ini. Kalian top deh...Saya mau bikin jersey dg corak baju adat nusantara...kamu mau pesen? (Dodolan...he...he..he)," tulis Ganjar dalam tulisan pengantar foto tersebut.

Unggahan foto itu mendapat tanggapan luar biasa dari warganet. Setidaknya ada 1.180 komentar dan 74.713 warganet yang menyukai unggahan dari orang nomor di Jateng tersebut.

Sebelumnya, Ganjar juga pernah mengunggah foto jersey sepedanya yang bermotifkan beskap, seperti saat menemani Presiden Joko Widodo bersepeda di Objek Wisata Candi Borobudur, Jumat (30/8/2019). Alhasil, penampilan politikus PDI Perjuangan membuat warganet mengira Ganjar sedang mengenakan pakaian adat dari Jawa.

"Kemarin sempet bingung, Pak Ganjar apa nggak ribet pakai beskap. Oh ternyata itu jersey toh. Mantap pak," tulis pengguna akun @fadelyulisp.

"Kereeen, aku kira bapak sepedaan pakai beskap," timpal pengguna akun @danisha_z.

Ada pula warganet yang langsung kepincut dan kemudian bertanya kepada Ganjar, di mana membeli jersey dengan tema pakaian adat tersebut.

"Pak...kulo ndherek kulakan pak," kata pengguna akun @ezulkurniawan.

"Mau pak, cara PO gimana ya pak," timpal pengguna akun @imamsaifudinn.

Viralnya jersey sepeda batik dan beskap ala Ganjar ternyata juga ditangkap oleh para pengusaha kaus. Salah satunya adalah Om Jum (Official Regar Sport) yang beralamat di Kabupaten Wonogiri.

Melalui akun Facebook-nya, pemilik akun mengunggah foto Ganjar mengenakan jersey unik itu dan menjual produk jersey tersebut kepada masyarakat. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sendiri mengaku sudah lama memiliki ide membuat jersey yang unik dan ide itu muncul saat perayaan Hari Kartini pada 21 April 2019.

"Saat itu saya pakai jersey bertema beskap, kemudian ini teman-teman komunitas saya mendesain baru bertema batik. Saya upload ke Instagram, dan banyak yang kepengin," ujar Ganjar.

Ganjar juga sudah mengetahui bahwa ide jersey sepeda bernuansa baju adat itu "ditangkap" oleh para kreator dan pengusaha, bahkan beberapa diantaranya kemudian menjual jersey sepeda dengan desain yang sama. "Jersey saya ini sudah menjadi ekonomi kreatif masyarakat. Banyak yang kepengin, jadi ada beberapa pihak yang menangkap peluang itu untuk berjualan. Dan ini menurut saya menarik, semoga ini awal munculnya ide dan kreativitas dari masyarakat," katanya.

">KLIK dan ">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten