SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo saat diwawancara perihal penurunan baliho saat kunjungan Presiden Jokowi di Denpasar, Bali, Rabu (1/11/2023). (ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari)

Solopos.com, JAKARTA — Bakal calon presiden Ganjar Pranowo meminta para kader militan PDIP tak boleh cengeng menghadapi berbagai persoalan politik yang ada menjelang Pilpres 2024.

Sebagai informasi, dalam beberapa hari terakhir sejumlah tokoh PDIP menyerang Presiden Jokowi yang dianggap berkhianat karena merestui putranya, Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di antaranya yang berulang kali bersuara keras adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Adian Napiputulu dan Deddy Sitorus.

“Banteng ketaton (terluka) itu tidak pernah cengeng. Dia akan keras,” ujar Ganjar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/11/2023) malam.

Menurutnya, kader PDIP merupakan sosok yang tak mudah lemah saat menghadapi persoalan.

Sebab mereka sangat solid dan kuat.

Hal ini membuat siapa pun tak akan mampu memecah bela tali persaudaraan di antara mereka.

“Barangsiapa memecah partai ini, Anda berlawanan dengan banteng,” jelasnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Sebelumnya, pada Rabu (18/10/2023), Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan partai berlambang banteng moncong putih itu tak pecah kongsi dengan Presiden Jokowi.

Hal itu disampaikan Puan sebelum pengumuman bakal cawapres Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu.

“Tidak ada sama sekali pecah kongsi. Semuanya baik-baik saja,” ujar Puan kepada awak media.

Ia menjelaskan kedua belah pihak saling menghormati dan menghargai.

Hal ini juga sesuai pernyataan Jokowi kalau urusan capres dan cawapres merupakan urusan partai politik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh DPI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya