Ganjar Pranowo Blusukan ke Girpasang Klaten, Warga: Terima Kasih

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendadak blusukan ke Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Senin (23/5/2022) sore.

 Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menuruni anak tangga menuju jembatan gantung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Senin (23/5/2022). (Istimewa/Dokumentasi Warga)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menuruni anak tangga menuju jembatan gantung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Senin (23/5/2022). (Istimewa/Dokumentasi Warga)

Solopos.com, KLATEN — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendadak blusukan ke Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Senin (23/5/2022) sore. Saat blusukan itu, Ganjar sempat menyoroti sampah serta menjamurnya warung di wilayah Girpasang.

Pada kunjungan tersebut, Ganjar menyeberang ke Girpasang melewati jembatan gantung dari Dukuh Ngringin, Desa Tegalmulyo. Orang nomor satu di Jateng itu sempat berbincang dengan warga serta mendatangi Omah Kopi Girpasang, warung yang dikelola bersama-sama warga satu kampung di Girpasang.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Kunjungan Ganjar ke Girpasang sebelumnya tak diketahui warga. Seperti yang disampaikan salah satu warga Girpasang, Giyanto.

“Saya tidak tahu datangnya. Waktu itu saya sedang membantu pembangunan rumah saudara di belakang rumah saya. Tahu-tahu didatangi istrinya pak RT kalau Pak Ganjar datang,” kata Giyanto saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Giyanto mengatakan pada kesempatan itu, Ganjar sempat menyinggung soal pengelolaan sampah dan menyarankan soal penataan warung terutama di sisi selatan Girpasang. Tujuannya agar kawasan Girpasang lebih tertata.

Baca Juga: Disebut dapat Restu Jokowi di Rakernas Projo, Ini Reaksi Ganjar

“Belum sempat berbincang banyak karena tadi buru-buru kembali ke Semarang. Pak Ganjar menyampaikan suk kapan-kapan jagongan meneh pak [lain waktu mengobrol lagi pak],” kata Giyanto menirukan pesan Ganjar kepada warga.

Giyanto menuturkan pada kesempatan itu dia menyampaikan terima kasih kepada Ganjar yang menjadi salah satu orang berjasa membantu Girpasang serta Tegalmulyo bisa berkembang seperti saat ini.

Nyuwune akses darurat dibantu. Rumah warga Girpasang juga dibantu melalui rehab RTLH [rumah tak layak huni],” kata Giyanto.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo, Subur, juga menjelaskan Ganjar mendadak datang ke Girpasang. Dalam kunjungan singkat itu, Ganjar menengok jembatan gantung yang awal tahun ini rampung dibangun dan diresmikan serta jalur evakuasi di wilayah Tegalmulyo.

Baca Juga: Polisi Imbau Pengunjung Girpasang Selalu Waspada saat Berswafoto

“Berhubung Girpasang sekarang kunjungan wisatawan ramai, Pak Ganjar berpesan terkait pemeliharaan jembatan gantung. Termasuk kaitannya penataan warung dan pengelolaan sampah harus dimaksimalkan,” kata Subur.

Lereng Gunung Merapi

Sebagai informasi, Girpasang merupakan perkampungan di Desa Tegalmulyo yang berada pada punggung bukit lereng Gunung Merapi. Perkampungan itu terpisahkan jurang dengan perkampungan lainnya di Tegalmulyo.

Sebelumnya, akses utama menuju kampung itu berupa jalan setapak di tepian bukit. Kemudian warga membangun gondola barang memanfaatkan bantuan presiden (Banpres) untuk memudahkan warga menyeberangkan barang seperti rumput dan barang lainnya.

Beberapa tahun berikutnya, pemerintah desa membangun gondola penumpang yang belakangan menjadi salah satu daya tarik wisata di kawasan tersebut.

Warga kerap menyampaikan keinginan mereka untuk memiliki kemudahan akses berupa jembatan gantung guna menyeberang ke perkampungan lain. Hal itu mereka utarakan kepada sejumlah pejabat yang datang seperti ke bupati maupun gubernur.

Baca Juga: Berpotensi Banjir Pengunjung, Pengelola Girpasang Klaten Diimbau Ini

Terealisasi

Keinginan warga akhirnya terealisasi. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) membangun jembatan gantung menghubungkan Girpasang dengan Dukuh Ngringin pada 2021.

Anggaran untuk pembangunan jembatan itu sekitar Rp3,2 miliar. Jembatan terbentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter. Belakangan jembatan gantung itu kian menarik minat wisatawan berdatangan ke Girpasang.

Jembatan gantung itu diresmikan Ketua DPR, Puan Maharani, sekaligus menjajal menyeberangi jembatan gantung Girpasang didampingi Bupati Klaten, Sri Mulyani, serta sejumlah pejabat Kemen PUPR, Kamis (20/1/2022).

Meski kini memiliki kemudahan akses dengan jembatan gantung serta gondola, warga tetap mempertahankan akses peninggalan nenek moyang mereka berupa jalan setapak di tepian jurang yang dikenal dengan nama 1.001 anak tangga.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Peringati Harganas, Bupati Boyolali: Masih Ada 4.065 Kasus Stunting

Bupati Said mengungkapkan berdasarkan data 2021, angka stunting di Boyolali berada di angka 8 persen atau ada 4.065 kasus stunting.

Kekerasan Libatkan Perempuan dan Anak di Wonogiri Capai 12 Kasus

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri meminta masyarakat turut berperan aktif mencegah dan melaporkan peristiwa kekerasan yang melibatkan perempuan dan anak.

Wujud Bus Bumel Setan Rute Solo-Wonogiri, Pernah Naik?

Seorang sopir bus bumel rute Solo-Wonogiri yang disebut sebagai bus setan setia mengaspal jalanan selama 27 tahun terakhir.

3.800 Sapi di 6 Kecamatan di Sragen Bakal Divaksin PMK Akhir Pekan Ini

Sebanyak 3.800 ekor sapi di eks Kawedanan Gemolong, Sragen, akan divaksin PMK pada akhir pekan ini. Vaksinasi ini akan melibatkan mahasiswa UGM dan 43 mantri hewan.

27 Tahun Ngaspal Jalanan, Sopir Bus Bumel Setan Wonogiri Tetap Setia

Seorang sopir bus bumel rute Solo-Wonogiri yang disebut sebagai bus setan setia mengaspal jalanan selama 27 tahun terakhir.

Bakul Sapi Minta Penutupan Pasar Hewan Boyolali Tak Diperpanjang Lagi

Dibanding opsi penutupan pasar hewan di Boyolali, Juni memilih mengusulkan pengetatan aturan saat sapi-sapi masuk.

Jembatan Mojo Solo Kembali Mulus Akhir November, Begini Tahapannya

Rencana pembongkaran sampai pemasangan kembali Jembatan Mojo Solo akan dimulai 5 September sampai 6 November 2022 sehingga bisa kembali dilalui kendaraan pada akhir November 2022.

PMK Merajalela, Belasan Peternak Sapi di Karanganyar Malah Tolak Vaksin

Sejumlah peternak di Karanganyar menolak sapi mereka diberi vaksinasi untuk mencegah tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sepi Penumpang, Kru Bus Bumel Solo-Wonogiri Kudu Setoran Rp1 Juta/Hari

Awak bus bumel jurusan Solo-Wonogiri harus setoran minimal Rp1 juta per hari kepada juragan meskipun sepi penumpang.

Perdana! 101 Ekor Sapi Ternak di Karanganyar Disuntik Vaksin PMK

Dispertan PP Kabupaten Karanganyar mulai melaksanakan vaksinasi perdana penyakit mulut dan kuku atau PMK bagi hewan ternak sapi pada Rabu (29/6/2022).

Bus Bumel Solo-Wonogiri Pernah Jaya, Kini: Hidup Segan Mati Tak Mau

Bus bumel jurusan Solo-Wonogiri yang pernah berjaya hingga awal 2000 kini sangat memprihatinkan.

Ngebut, Internet XL Axiata di Jalur KRL Solo-Jogja Waz Wuzzz.. 

Jaringan internet XL Axiata di sepanjang jalur KRL Solo-Jogja terus ditingkatkan agar kecepatannya stabil dan terus ngebut.

Area Car Free Sunday Wonogiri Akan Bebas Asap Rokok, Anda Setuju?

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, meminta agar area Car Free Sunday (CFS) di Wonogiri menjadi ruang yang ramah anak, yakni melarang pengunjung merokok.

Memaknai Acara Bur-Buran Ayam Nadaran Pada Tradisi Mondosiyo

Acara bur-buran ayam nadaran atau melepas ayam dalam tradisi Mondosiyo memiliki makna filosofis bagi warga Pancot, Tawangmangu, Karanganyar yang menggelarnya.

Hore! Pasar Hewan di Klaten Sudah Buka Hari Ini, Cek Dulu SOP-nya

Pemkab Klaten kembali membuka seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (29/6/2022) setelah ditutup selama lebih dari sebulan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).