SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan memandegani kegiatan Ngonthel Kebangsaan bertajuk “Satu Sepeda Berjuta Saudara”, Minggu (23/12/2018). Ia beralasan dengan bersepeda bersama itu akan terjalin kerukunan dan persatuan antarumat beragama.

“Pak Gubernur akan keliling ke sejumlah tempat ibadah lintas agama di Kota Semarang dengan bersepeda dan menjemput umat beragama dari berbagai suku, agama, ras, dan golongan untuk diajak mendeklarasikan persatuan serta kesatuan,” kata Ketua Panitia Ngonthel Kebangsaan, Pandu Hardiawan, Sabtu (22/12/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan Ngonthel Kebangsaan akan dimulai dari Kantor Gubernur Jateng menuju Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) untuk menjemput umat Islam yang ada di sana. Rombongan selanjutnya secara bersama-sama akan menuju ke Gereja Blenduk untuk menjemput umat Kristen, Kelenteng Sam Poo Kong untuk menjemput umat Konghuchu dan Buddha, serta ke Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci untuk menjemput umat Katolik. Setelah dijemput, semua umat lintas agama diajak ke Kantor Gubernur Jateng untuk melakukan deklarasi kebangsaan bersama-sama.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, semua perjalanan pada Ngonthel Kebangsaan memiliki banyak nilai dan filosofis, termasuk simbol bahwa pemerintah tidak hanya mengimbau umat beragama untuk menjaga kerukunan, namun turun langsung menjemput dan mempersatukan masyarakat. Pandu menjelaskan alasan yang pertama dijemput adalah kaum muslim di MAJT dan kemudian diajak menjemput umat beragama lain, ini merupakan simbol bahwa kalangan mayoritas yang harus melayani minoritas.

“Digunakannya sepeda ‘onthel’ karena alat transportasi ini merupakan lambang rakyat kecil,” ujarnya.

Rencananya, kegiatan Ngonthel Kebangsaan akan diikuti lebih dari 7.000 peserta. Selain menggunakan sepeda tua, para peserta juga akan menggunakan aneka pakaian tradisional. Acara juga akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan termasuk digelarnya pasar klitikan yang menjual aneka barang kuno.

Sementara itu, melalui akun Instagramnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta meramaikan kegiatan tersebut, terutama masyarakat yang hobi bersepeda. “Untuk yang hobi ngontel, saya akan tunggu anda ngontel bersama saya dalam acara Ngontel Kebangsaan. Mari kita jemput saudara-saudara kita yang berbeda suku, agama, ras, dan golongan. Semua akan bersatu dalam ngontel bersama ini,” kata Ganjar.

Ganjar menerangkan jika kegiatan Ngontel Kebangsaan bukan hanya untuk komunitas sepeda tua, namun semua jenis sepeda boleh ikut dalam acara itu. “Kita akan bersama-sama berkumpul. Start dari halaman kantor Gubernuran, pada Minggu [23/12/2018] pukul 06.00 WIB dan menjemput saudara-saudara kita. Satu sepeda sejuta saudara, ngontel sehat untuk bangsa Indonesia,” tutup Ganjar melalui akun Instragramnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya