Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau pembangunan jalan tol Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura, Jumat (14/12/2018). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, memastikan jalan tol Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura bisa digunakan untuk arus libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru). Saat ini, progres pengerjaan hampir selesai sepenuhnya dan hanya menyisakan finishing talut, jembatan, dan dinding tepi jalan.

Hal itu disampaikan Ganjar seusai meninjau proyek jalan tol Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura, Jumat (14/12/2018).  Sudah siap, untuk bangunan utama sudah tembus [terhubung Semarang-Solo]. Tinggal finishing yang kiri-kanan ada talut harus diselesaikan. Ternyata kemarin ibu menter [BUMN, Rini Soemarno] sudah lewat saat ekspidisi tol Trans Jawa. Dan sudah dicoba semua. Kita mau pastikan dan uji cobanya libur [Hari] Natal dan Tahun Baru ini. Insya Allah sudah siap semua,” ujar Ganjar.

Jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang total 72,46 km. Untuk ruas Semarang-Salatiga dan ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 km telah beroperasi sejak tahun lalu. Sedangkan, ruas Salatiga-Solo yang mencapai 32,6 km akan diresmikan pada pekan depan, Kamis (20/12/2018). "Rencana tanggal 20 Desember mau dibuka oleh bapak presiden, sekaligus jalan [dibuka] sampai Tahun Baru,” imbuh Ganjar.

Selain memastikan kesiapan jalan tol Semarang-Solo saat libur Hari Natal dan Tahun Baru, Ganjar juga memastikan kesiapan suplai bahan bakar minyak (BBM). Ia menyatakan penanganan kesiapan suplai BBM saat libur Hari Natal dan Tahun Baru tak jauh berbeda dengan saat arus mudik Lebaran.

"Kalau nanti sudah uji coba mau [Hari] Natal ketika belum siap untuk dukungan [BBM] kita siapkan yang portabel. Kalau kerja ini SOP [standar operasional prosedur] sudah kita uji coba berkali-kali. Maka dua tahun terakhir kalau kita bisa menyelenggarakan mudik bagus itu sudah jadi template kerja kita," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: