Ganjar Main Ketoprak Pesta Rakyat Jateng di Wonogiri

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo bermain ketoprak dengan lakon Laskar Bumi Nglaroh, Sabtu (24/8/2019) malam di Halaman Kantor Setda Wonogiri. Ketoprak tersebut bagian dari rangkaian acara Pesta Rakyat Jateng dalam rangka HUT Ke-69 Pemprov Jateng. 

Ganjar Main Ketoprak Pesta Rakyat Jateng di Wonogiri

SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (kanan) bermain ketoprak. (Solopos-Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo bermain ketoprak dengan lakon Laskar Bumi Nglaroh, Sabtu (24/8/2019) malam di Halaman Kantor Setda Wonogiri. Ketoprak tersebut bagian dari rangkaian acara Pesta Rakyat Jateng dalam rangka HUT Ke-69 Pemprov Jateng. 

Laporan wartawan Solopos.com,  Rudi Hartono, dalam lakon itu, Ganjar berperan sebagai RM Said atau Pangeran Samber Nyawa, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo sebagai Nicholas (kompeni), dan  sejumlah pejabat lainnya. Gamelan ketoprak dimainkan oleh siswa-siwi SMP 5 Wonogiri. Lakon tersebut mengisahkan perjuangan RM Said melawan penjajah kompeni dari bumi Nglaroh atau cikal bakal Wonogiri.

Kepaa wartawan, Sabtu malam, Ganjar mengatakan baru Sabtu sore dia latihan ketoprak lakon itu. "Saya sudah beberapa kali main ketoprak. Jadi dibanyakin improvisasi saja," ujarnya.

Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno yang ikut serta mengaku  sudah dua kali latihan.  Salah satu penonton, Puji mengatakan para pejabat bermain bagus dalam ketoprak Sabtu malam. "Mereka seperti sudah pemaian profesional, karena saat dialog enggak blekak-blekuk," ujarnya.

Pada saat bersamaan, di Alun-Alun Wonogiri digelar konser musik dengan penyanyi Yoda Idol. Yoda kali pertama menyanyikan When I See You Smile. Dia mengajak ribuan penonton bernyanyi bersama lewat lagu Indonesia Pusaka. Yoda aktif berinteraksi dengan penonton dan mengajak penonton ikut bernyanyi.

Rio Mardani, 30, warga Jatisrono mengatakan sangat menyenangkan acara pesta rakyat di Wonogiri itu. "Ini hiburan gratis buat warga Wonogiri dan jateng pada umumnya. Karena warga haus hiburan. Sering-sering saja digelar acara hiburan kaya gini," jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.