SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo bermain ketoprak dengan lakon Laskar Bumi Nglaroh, Sabtu (24/8/2019) malam di Halaman Kantor Setda Wonogiri. Ketoprak tersebut bagian dari rangkaian acara Pesta Rakyat Jateng dalam rangka HUT Ke-69 Pemprov Jateng. 

Laporan wartawan Solopos.com,  Rudi Hartono, dalam lakon itu, Ganjar berperan sebagai RM Said atau Pangeran Samber Nyawa, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo sebagai Nicholas (kompeni), dan  sejumlah pejabat lainnya. Gamelan ketoprak dimainkan oleh siswa-siwi SMP 5 Wonogiri. Lakon tersebut mengisahkan perjuangan RM Said melawan penjajah kompeni dari bumi Nglaroh atau cikal bakal Wonogiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepaa wartawan, Sabtu malam, Ganjar mengatakan baru Sabtu sore dia latihan ketoprak lakon itu. “Saya sudah beberapa kali main ketoprak. Jadi dibanyakin improvisasi saja,” ujarnya.

Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno yang ikut serta mengaku  sudah dua kali latihan.  Salah satu penonton, Puji mengatakan para pejabat bermain bagus dalam ketoprak Sabtu malam. “Mereka seperti sudah pemaian profesional, karena saat dialog enggak blekak-blekuk,” ujarnya.

Pada saat bersamaan, di Alun-Alun Wonogiri digelar konser musik dengan penyanyi Yoda Idol. Yoda kali pertama menyanyikan When I See You Smile. Dia mengajak ribuan penonton bernyanyi bersama lewat lagu Indonesia Pusaka. Yoda aktif berinteraksi dengan penonton dan mengajak penonton ikut bernyanyi.

Rio Mardani, 30, warga Jatisrono mengatakan sangat menyenangkan acara pesta rakyat di Wonogiri itu. “Ini hiburan gratis buat warga Wonogiri dan jateng pada umumnya. Karena warga haus hiburan. Sering-sering saja digelar acara hiburan kaya gini,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya