SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, memastikan tidak ada lonjakan penumpang yang signifikan di Jateng selama libur Natal 2020.

Hal itu disampaikan Ganjar seusai meninjau Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Selasa (29/12/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain tidak ada lonjakan penumpang yang signifikan, Ganjar juga menilai tidak ada kejadian menonjol di Jateng selama libur Natal.

“Dari pemudik, tidak terlalu banyak lonjakannya baik menjelang libur Natal hingga arus balik. Memang ada sedikit lonjakan, tapi tidak seperti tahun sebelumnya,” ujar Ganjar kepada wartawan.

Ekspedisi Mudik 2024

Warga Jateng Dilarang Nyalakan Petasan saat Tahun Baru!

Meski begitu, Ganjar meminta tim untuk terus siaga mengingat masih ada agenda lain selain libur Natal. Yakni libur akhir tahun dan tahun baru. Ia berharap tidak ada lonjakan tinggi pada hari-hari itu.

“Maka kami tetap mengimbau masyarakat untuk liburan di rumah saja. Meski begitu, kami tetap meminta tim untuk semuanya siaga,” tegasnya.

Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Boyolali Direncanakan Untuk SD dan SMP

Aman Terkendali

Terkait kejadian menonjol selama libur Natal, Ganjar menegaskan tidak ada kejadian berarti. Semuanya aman terkendali dan berjalan sesuai harapan.

“Hanya soal bencana, saya minta siaga karena cuaca sedang seperti ini. Maka di sini BPBD melakukan pantauan-pantauan termasuk status Gunung Merapi. Karena kondisi cuaca seperti ini dan Merapi aktif, maka masyarakat di sekitarnya mesti waspada. Termasuk yang tinggal di daerah rawan bencana,” ujarnya.

Urus KTP/KK di Karanganyar Kian Mudah dengan ADM dan Paklay

Sementara itu, Koordinator Posko Terpadu Nataru, Rudi Widiatmanto, menambahkan sejak tanggal 18 hingga 29 Desember, kondisi Jateng saat Libur Natal masih aman dan lancar. Tidak ada kecelakaan, kemacetan, maupun bencana yang berarti.

“Lonjakan penumpang yang kami prediksikan saat libur Natal, ternyata juga tidak terjadi dan tidak ada yang mengkhawatirkan. Semuanya lancar-lancar saja, termasuk penumpang KA, pelabuhan, maupun bandara,” kata Rudi.

Data Posko Terpadu Nataru, sejak tanggal 18-29 Desember tercatat ada 3.368 penumpang turun dari pelabuhan di Jateng, 70.028 penumpang dengan kereta api, 7.551 penumpang di bandara, 290.564 penumpang turun melalui terminal tipe A dan 152.317 kendaraan masuk ke Jateng.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya