Ganjar Kunjungi Sragen, Minta Wali Kota/Bupati Tidak Perlu Takut Citra Buruk

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta gubernur dan wali kota tak perlu takut citra mereka buruk soal Covid-19 karena gencarnya tracing contact dan tes swab PCR.

 Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berdialog dengan para nakes di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Sabtu (12/6/2021). (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berdialog dengan para nakes di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Sabtu (12/6/2021). (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta semua Bupati dan Wali Kota meningkatkan tracing contact dan tes swab PCR untuk mengetahui persebaran Covid-19. Ganjar meminta bupati dan wali kota tidak perlu takut mendapat citra negatif karena jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat.

“Saya sudah berkoordinasi dengan semua wali kota dan bupati. Pemerintah daerah kita minta menambah tracing contact. Jangan takut soal citra. Semakin banyak testing, justru saya acungi jempol. Kalau jadi omongan warga karena kasusnya tertinggi, tidak apa-apa karena testing-nya juga tinggi. Daripada [jumlah kasus Covid-19] rendah, tapi tidak pernah dites, malah bahaya,” tegas Ganjar saat berkunjung ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Sabtu (12/6/2021).

Adapun bed occupancy ratio (BOR) pada ruang ICU di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro hingga Sabtu cukup tinggi yakni 94%. Dari 17 tempat tidur yang tersedia, 16 tempat tidur di antaranya sudah terisi. Rencananya, ada penambahan dua tempat tidur di ruang ICU yang dilengkapi perlengkapan hemodialisa (HD) untuk pasien yang ingin cuci darah.

Baca Juga: Siap-Siap, 19 Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi Bakal Ditertibkan

Sementara BOR pada ruang isolasi biasa mencapai 66%. Dari 91 tempat tidur yang tersedia, 60 di antaranya sudah terisi pasien Covid-19. “Saya sudah perintahkan untuk menambah tempat tidur baik di ruang isolasi atau ICU. Jadi kalau terjadi outbreak dan butuh pengendalian ekstra, maka kita sudah siaga,” terang Ganjar.

Varian Baru Covid-19

Ganjar juga mewanti-wanti warga mewaspadai varian baru Covid-19. Dia belum mengetahui apakah peningkatan jumlah positif Covid-19 akhir-akhir ini merupakan bagian dari varian baru B.1617.2 yang sudah ditemukan di Cilacap.

“Waspadai varian baru. Jangan sepelekan. Karena peningkatan [kasus] yang cukup tinggi itu rasa-rasanya itu varian baru. Tapi kita belum tahu itu, maka masyarakat perlu waspada,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ganjar Pranowo, berdialog dengan sejumlah tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan penanganan pasien Covid-19 di Sragen. Kepada para nakes, Ganjar meminta mereka tetap semangat dalam bekerja.

Baca Juga: Kasus Corona Memuncak, Bupati Sragen akan Keluarkan Instruksi Penanganan Covid-19

“Di Kudus, warga panik karena begitu mereka tiba di RS, dijawab petugas sudah penuh. Jangan sampai itu terjadi di Sragen. Kita perlu siapkan formulanya. Begitu terjadi full, harus tahu pasien ini mau dilimpahkan ke mana? RS swasta mana yang siap. Gak bisa ditolak. Kalau memang pasien itu tidak bergejala, tidak usah dirawat, langsung saja dibawa ke ruang isolasi terpusat di Technopark,” papar Ganjar.

Direktur RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, dr. Didik Haryanto, mengatakan kapasitas ruang isolasi biasa sudah ditambah 11 tempat tidur per Jumat (11/6/2021). Sebelumnya, di ruang isolasi biasa terdapat 80 tempat tidur, kini menjadi 91 tempat tidur.

“Sebelumnya kasus tertinggi terjadi pada Desember-Januari. Kemudian menurun sampai Maret. Mulai April, kasusnya naik pelan-pelan. Lalu dalam dua pekan ini, agak meningkat lagi,” paparnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor dan Truk Boks Adu Banteng di Karanggede Boyolali, 1 Orang Meninggal

Peristiwa kecelakaan itu terjadi tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Karanggede, Boyolali, sekitar pukul 17.30 WIB.

Bonus Ratusan Juta Rupiah Menanti Atlet Wonogiri Peraih Medali PON Papua

Pemberian bonus sebagai bentuk konkret dan komitmen pemerintah dalam memberikan nilai dukungan dan apresiasi kepada atlet berprestasi.

Polres Boyolali Bekuk 9 Tersangka Kasus Pembuatan dan Peredaran Upal

Penangkapan awal dilakukan terhadap sebagian tersangka yang berada di rumah tersangka DS di Mojosongo, Boyolali pada Minggu (12/9/2021).

Selamat! Sragen Raih Penghargaan Parahita Ekapraya dari Kemen PPPA

Piala dan piagam tersebut diserahkan kepada Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di ruang kerjanya, Kamis (23/9/2021).

Kunjungi Klaten, Menko Airlangga Hartarto Tanam Padi Rajalele di Sawah

Airlangga juga berbincang dengan petani perempuan yang sedang bercocok tanam tanaman Srinuk di Sidowayah.

Polres Boyolali Tangani Kasus Peredaran Uang Palsu Senilai Rp500 Juta

Dalam penanganan kasus peredaran uang plasu tersebut pihak Polres Boyolali juga sudah melibatkan Bank Indonesia.

Pria Karanganyar Cabuli Bocah Pakai Selang Air Diancam Hukuman 15 Tahun Penjara!

Polisi menyita barang bukti berupa pakaian korban, selang warna hijau sepanjang 11,2 meter dengan ujungnya logam sepanjang 10 sentimeter, dan tikar.

Jadwal Pemadaman Listrik Sragen Hari Ini, Jumat (24/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Sragen yang terjadi hari ini, Jumat (24/9/2021) selama tiga jam dari pukul 13.30-16.30 WIB.

Gamers Siap-Siap! Solopos Diplomat Solo Esport Arena 2021 Hadir Kembali

Solopos Diplomat Solo Esports Arena (SDSEA) akan hadir untuk kali kedua pada tahun ini dengan hadiah mencapai puluhan juta rupiah.

Buntut Temuan Klaster Covid-19 PTM di Jateng, Pelajar SMP Sragen akan Dites Antigen

Para pelajar SMP di Kabupaten Sragen akan dites antigen untuk mencegah munculnya klaster penularan Covid-19 saat PTM.

Waduh! 10.197 Kartu Tani di Sukoharjo Belum Dibagikan,

Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo mencatat sebanyak 10.197 keping kartu tani belum dibagikan kepada petani.

Sekolah di Karanganyar Terapkan Strategi ini untuk Cegah Klaster Covid-19 saat PTM

Sekolah di Karanganyar menerapkan sejumlah strategi untuk mencegah munculnya klaster penularan Covid-19 saat PTM.

Beruntung Sekali! Jawab Pertanyaan Ganjar, Siswi SMP Boyolali Ini Dapat Beasiswa Kuliah

Seorang siswi SMP negeri di Kecamatan Sawit, Boyolali, mendapatkan beasiswa kuliah gratis dari akademi analis kesehatan di Cirebon.

Wali Kota Gibran, Rilis 91 Cagar Budaya Di Solo Destination

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meluncurkan Inovasi Teman Gardagita melalui aplikasi Solo Destinationo.

Dispar Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Pelaku Usaha Buruan Daftar!

Dinas Pariwisata Kota Solo memfasilitasi pelaku usaha dan kantor instansi untuk pengajuan kode batang atau QR Code PeduliLindungi.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).