SOLOPOS.COM - Truk melintas di ruas jalur evakuasi wilayah Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jateng, Selasa (8/7/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, memastikan dana perbaikan jalur evakuasi di wilayah lereng Gunung Merapi yang dijanjikan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng cair 2020 ini.

Dana itu digunakan untuk perbaikan jalur evakuasi di sisi timur lereng gunung tersebut untuk wilayah Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cairnya anggaran bantuan keuangan provinsi itu disampaikan Ganjar di sela pengecekan desa-desa lereng Merapi, Rabu (8/7/2020). Nilai anggaran bantuan keuangan provinsi yang sebelumnya diusulkan Pemkab Klaten senilai Rp14 miliar.

Dana itu diusulkan untuk perbaikan jalur evakuasi pada ruas Pasar Surowono-Tegalmulyo.

"Untuk jalur evakuasi masih kami cek karena kemarin diusulkan lewat bantuan pemprov sementara bantuan pemprov terkena re-focussing. Tetapi insyaallah masih bisa terkaver. Maka akan kami keluarkan. Kemarin sih masih tertahan. Rencana kami keluarkan [untuk perbaikan jalur evakuasi] sambil melihat teknisnya," kata Ganjar.

Xiaomi Bikin Flagship Mi Mix Alpha dengan Kamera Canggih 108 Mp

Sebelumnya, Pemkab Klaten berencana melakukan perbaikan ruas jalur evakuasi di lereng Merapi. Hanya saja, perbaikan mengandalkan dana pemeliharaan atau kegiatan perbaikan dilakukan dengan penambalan jalan.

Pasalnya, anggaran peningkatan jalan pada jalur evakuasi yang direncanakan dialokasikan senilai Rp21 miliar digeser untuk penanganan Covid-19. Sementara, dana pemeliharaan untuk perbaikan jalur evakuasi lereng Merapi mengandalkan dana pemeliharaan senilai Rp2,6 miliar yang menyasar ke tiga ruas.

Bayi Ini Lahir Bawa Alat Kontrasepsi

Jalur evakuasi menjadi akses warga di daerah rawan terdampak erupsi menuju selter pengungsian yakni selter di Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan; selter Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, serta selter di Desa Menden, Kecamatan Kebonarum.

Kerusakan Meluas

Jalur evakuasi lereng Merapi di Kabupaten Klaten yang rusak semakin meluas. Kondisi itu terutama pada jalur evakuasi sisi tengah dan timur. Kerusakan jalur evakuasi sisi timur terutama terjadi di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang.

Kerusakan paling parah di sisi tersebut terutama di wilayah Deles Indah. Sementara, kerusakan parah di sisi timur terjadi di ruas Desa Tlogowatu-Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang.

Kerusakan juga terjadi antara ruas Desa Jiwan, Kecamatan Karangnongko hingga Pasar Surowono, Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang.

Sementara itu, warga dan pemerintah desa di tiga wilayah terdekat dengan Merapi yakni Desa Balerante, Desa Tegalmulyo, serta Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang sudah menyiapkan jalur evakuasi alternatif.

Yang Kangen Nonton Siap-Siap, Bioskop Bakal Buka Serentak 29 Juli

Seperti di Desa Tegalmulyo yang menyiapkan jalur evakuasi alternatif hingga ke selter pengungsian di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko. Jalur alternatif itu melewati jalan perkampungan di wilayah Desa Tlogowatu serta Desa Jiwan, Kecamatan Karangnongko.

Jalur evakuasi alternatif juga disiapkan warga dan pemerintah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Mereka menyiapkan dua jalur evakuasi alternatif yang juga melintasi perkampungan menyusul kerusakan parah pada jalur evakuasi utama terutama menuju kawasan Deles Indah.

Pemerintah Desa Balerante, Kecamatan Kemalang memperbaiki jalan-jalan di wilayah desa tersebut memanfaatkan dana desa. Perbaikan dilakukan pada 2019 lalu.

"Di wilayah bawah desa kami memang sudah ada jalan yang mulai rusak. Namun, untuk kondisi jalan di wilayah kami relatif sudah bagus. Setidaknya ketika kondisi jalan di wilayah kami bagus, tidak memengaruhi tingkat kemrungsung warga ketika harus mengungsi," jelas Sukono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya