Ganjar Gantikan Tirto Pimpin Balai Bahasa Provinsi Jateng
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah (ke-6 dari kiri), berfoto bersama dengan Dr Tirto Suwondo (ketiga dari kiri) dan tamu undangan usai acara pisah sambut, Selasa (1/9/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Jabatan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng berpindah tangan dari pejabat sebelumnya Dr Tirto Suwondo kepada pejabat baru Dr Ganjar Harimansyah. Pergantian jabatan itu resmi per 1 September 2020.

Dalam acara pisah sambut kepala balai di aula Ranggawarsita Kantor Balai Bahasa Jateng, Selasa (1/9/2020), Ganjar mengatakan saat ini kiprah Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah semakin terasa oleh masyarakat.

Pilkada Sragen 2020: Gerindra Berikan Rekomendasi ke Sukiman-Iriyanto, PKS Merapat Ke Mana?

Ia mengajak berbagai komunitas untuk terus bersama-sama memartabatkan bahasa dan sastra Indonesia. Komunitas itu seperti sastra, literasi, musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan lembaga/instansi 35 kabupaten/kota.

Ganjar berharap Balai Bahasa Provinsi Jateng dapat menjadi sahabat para pihak yang memerlukan informasi dan bantuan teknis kebahasaan dan kesastraan. Termasuk para instansi pemerintah provinsi dan kabupate/kota Jawa Tengah.

PKB Akhirnya Pilih Joswi Sebagai Cabup-Cawabup Pilkada Sukoharjo 2020

“Mari kita bersinergi memajukan Jawa Tengah melalui bahasa dan sastra,” ajaknya seperti tertulis dalam siaran pers Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang sampai ke redaksi Solopos.com, Kamis (3/9/2020).

Ganjar mengingatkan UU No 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. UU itu mengamanatkan kewajiban penggunaan bahasa Indonesia pada ruang publik dan fasilitas pelayanan umum.

Selvi Ananda Akan Temani Gibran Mendaftar Cawali ke KPU Solo, Bagaimana Ya Penampilannya?

“Undang-undang tersebut juga menyebutkan kewenangan dan kewajiban penanganan bahasa dan sastra Indonesia kepada pemerintah pusat. Serta kewenangan dan kewajiban penanganan bahasa dan sastra daerah kepada pemerintah daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Dr Tirto Suwondo yang purnatugas menduduki jabatan fungsional sebagai peneliti ahli utama Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Konfirmasi Positif Melonjak Lagi 19 Kasus, Satgas Covid-19 Solo Mulai Khawatir

Pelantikan Ganjar sebagai Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bersama pejabat lain Kemendikbud oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Prof Dr Ainun Naim berlangsung pada 13 Agustus 2020.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom