SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menerima kunjungan jajaran direksi Harian Umum Solopos di kantornya, Kamis (20/5/2021). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyambut baik rencana Solopos.com menggelar ajang Solopos Digital Award atau SDA 2021.

SDA adalah penghargaan yang menilai tingkat popularitas seseorang atau lembaga. Pada event perdana tahun ini, SDA khusus digelar untuk kalangan pemerintahan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Lewat Solopos Digital Award, Solopos.com memberikan penghargaan kepada bupati atau walikota paling populer di ranah digital. Penghargaan juga bakal diberikan kepada pemerintah daerah serta bagian humas pemerintah daerah terpopuler.

Baca juga: Hamil di Luar Nikah, Salah Satu Penyebab Putus Sekolah di Madiun

Ekspedisi Mudik 2024

Ganjar berharap SDA mampu memacu geliat para kepala daerah di Jateng dalam memanfaatkan media sosial (medsos) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menerima jajaran direksi Solopos Group di kantornya, Kamis (20/5/2021).

"Saya sangat setuju. Itu bagus sekali. Apalagi di era digital seperti ini. Semua harus bisa ber-medsos karena itu cara untuk bisa lebih mendekatkan dengan masyarakat," tutur Ganjar.

Baca juga: Catat! 1.746 Lowongan CPNS dan P3K Karanganyar Dibuka

Terbantu Medsos

Gubernur mengaku sangat terbantu dengan medsos dalam menyampaikan program-program kepada masyarakat. Selain itu, medsos juga menjadi sarana bagi warga maupun konstituen dalam menyampaikan aspirasi maupun keluhannya.

Dalam hal inilah penting ada penghargaan seperti Solopos Digital Award untuk memberi masukan kepada kepala daerah.

"Setiap hari saya itu dapat laporan dari masyarakat melalui medsos. Saya pun membalas laporan itu. Memang kadang menyita waktu, tapi enggak apa-apa. Anggap itu sebagai investasi politik kita dan lebih mendekatkan kita dengan masyarakat. Mereka kan juga jadi lebih mudah menyampaikan laporan, daripada harus jauh-jauh datang untuk ketemu. Kan lebih menyita waktu," tutur Ganjar.

Baca juga: Selain Cita Citata, Deretan Artis Ini Mengidap Autoimun

Selama ini dirinya memang terkenal aktif di medsos. Ganjar bahkan tak segan menjawab pertanyaan atau keluhan warga terkait layanan publik hingga infrastruktur jalan di medsos.

Ia juga aktif membantu warga dalam mempromosikan usahanya melalui lapak Ganjar di Instagram. Misi ini sejalan dengan tujuan Solopos.com menggelar Solopos Digital Award.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Solopos, Suwarmin, mengatakan Solopos Digital Award merupakan ajang pemberian penghargaan bagi tokoh maupun instansi di Jateng yang aktif menjalin interaksi dengan masyarakat secara digital, salah satunya melalui medsos.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Jumlah PKL Sukoharjo Melonjak  

Salah satu kategori yang diberikan dalam ajang ini adalah pemberian penghargaan bagi kepala daerah yang selama ini aktif berinteraksi dengan warganya melalui medsos.

"Banyak nomine kepala daerah di Jateng yang selama ini aktif berinteraksi di medsos, baik Facebook, Twitter, maupun Instagram. Nanti akan kami seleksi untuk mendapatkan penghargaan," jelas Suwarmin.

Suwarmin berharap melalui ajang Solopos Digital Award, makin banyak pemangku kebijakan atau pelayanan publik yang memanfaatkan jaringan digital. "Memang secara bisnis ini enggak terlalu menarik, tapi dari segi akselerasi pembangunan sangat efektif," tutur Suwarmin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya