SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Antara-Wisnu Adhi)

Solopos.com, SOLO -- Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Tengah (Jateng) yang bekerja di Malaysia siap pulang kampung ke tempat asal mereka. Untuk menyambut kedatangan TKI asal Jateng tersebut, Gubernur Ganjar Pranowo telah menyiapkan tempat karantina untuk mereka.

Ganjar Pranowo yang bekerja sama dengan salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) menyiapkan tempat karantina untuk TKI asal Jateng yang pulang kampung. Mereka akan dikarantina selama 14 hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meninggal, PDP Corona Kartasura Padahal Tak Pernah ke Zona Merah

"Kemarin dapat telepon dari Wagub Sumut, ada TKI dari Malaysia asal Jateng. Sebentar lagi mereka akan pulang ke kampung halaman, tapi sebelumnya harus menjalani karantina. Ini sedang kami siapkan, @bank_jateng yg menyiapkan tempatnya," kicau Ganjar di akun Twitternya, @ganjarpranowo, Rabu (15/4/2020).

Tempat karantina itu merupakan gedung bekas tempat perkuliahan milik perbankan. Gedung itu disulap untuk menampung para TKI dari Malaysia.

Personel BPBD Solo Kisahkan Pengalamannya 2 Kali Memakamkan PDP Corona

Dalam video yang diunggah Ganjar, tampak tempat karantina tersebut sedang dipersiapkan segala sarana dan prasarananya, termasuk juga kelangkapan alat kesehatan bagi para tenaga medis, seperti alat pelindung diri (APD).

"Untuk menampung beberapa TKI kita yang baru saja pulang, ini bakal di sulap tempat karantina. Saya kira dua hari selesai. Tempatnya jauh lebih nyaman dan enak. Disiapkan oleh teman-teman untuk menyiapakan segala perawatan. Mudahan-mudahan TKI yang datang lebih nyaman di sini. Sebentar saja [dikarantina] 14 hari, saya doakan yang pulang sehat semua," ucap Ganjar dalam video tersebut.

Ada Kasus Positif Covid-19, Polisi Minta Warga Sragen Tak Blokade Jalan Kampung

1 Juta TKI Pulang Kampung

Tak hanya Jateng, TKI asal daerah lainnya juga pulang kampung ke tempat asalnya. Ganjar Pranowo mengatakan ada satu juta TKI yang akan mudik dari Malaysia.

"Kalau tidak salah, ada sejuta yang mau pulang. Negara sudah mempersiapkan itu. Sudah disiapkan tempat khusus," beber Ganjar dilansir Antara, Rabu.

Ada Kasus Positif Covid-19, Polisi Minta Warga Sragen Tak Blokade Jalan Kampung

Ganjar berharap semua TKI yang pulang kampung ke Tanah Air maupun Jateng dinyatakan negatif Covid-19 dan dalam kondisi sehat. Rencananya, mereka akan datang dua hingga tiga hari ke depan.

"Sudah kami siapkan, hari ini saya minta dikebut pengerjaannya agar lebih cepat. Informasi dari Sumut, kemungkinan dalam waktu dua atau tiga hari sudah sampai di Jateng," jelas politikus PDIP ini.

Diprotes Keras, Tottenham Hotspur Batal Rumahkan Karyawannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya