SOLOPOS.COM - Ganja palsu asal Tiongkok dalam berbagai kemasan. (Scmp.com)

Ganja palsu Tiongkok terbuat dari bahan kimia dan dipasarkan di Amerika Serikat.

Solopos.com, MICHIGAN – Di kalangan netizen dan pembuat gambar parodi, Tiongkok identik dengan barang-barang palsu tiruan atas ”KW”. Berbagai macam barang ”KW” diproduksi tangan-tangan kreatif produsen Tiongkok, tak terkecuali ganja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ganja ”KW” alias mariyuana sintetis ini beredari di Amerika Serikat (AS). Kepolisian AS meyakini mariyuana sintetis itu berasal dari Tiongkok.

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti dilansir laman berita Tiongkok, Scmp, Minggu (16/8/2015), badan antinarkotika AS, Drug Enforcement Administration (DEA) mengatakan telah menerima 5.200 laporan dari para pengguna ganja palsu tersebut.

”Penyebarannya begitu cepat dan tanpa kami sadari. Kami tiba-tiba menemukan ganja palsu ini di hampir seluruh negara bagian,” ujar Chuck Rosenberg selaku Kepala DEA.

Chuck mengatakan ganja palsu itu tidak terbuat dari tanaman cannabis melainkan rumput biasa yang disemprot bahan kimia TCH. Ketimbang ganja asli, menurut Chuck efek ganja palsu itu lebih mendekati heroin.

”Penggunanya rata-rata remaja belasan tahun. Di beberapa wilayah, mariyuana palsu ini populer dengan istilah Scooby Snax, Bizarro dan Stoopid,” imbuhnya.

Parahnya, ganja palsu itu memiliki dosis TCH yang berbeda-beda dalam setiap bungkusnya. Chuck mengatakan ganja palsu itu dapat menyebabkan serangan jiwa mendadak, over dosis hingga kematian.

Dikutip Solopos.com dari laman Timesnews, polisi AS telah menangkap wanita bernama Jill Elaine Glatt. Wanita 38 tahun itu mengaku membeli ganja palsu dari Tiongkok secara online.

Bermodal US$18.000 atau sekitar Rp250 juta untuk satu kilogram ganja palsu berwujud butiran mirip kerikil, Jill mengaku dapat menjualnya lagi di AS dengan harga US$120.000 atau sekitar Rp1,6 miliar dengan kemasan zip lock seharga US$4.200 per pak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya