SOLOPOS.COM - Ilustrasi balon udara (Reuters/Mike Sturk)

Gangguan penerbangan disebabkan balon udara.

Harianjogja.com, SLEMAN – Petugas Air Traffic Controller (ATC) Lanud Adisutjipto Jogja menerima tiga laporan dari pilot pesawat komersial adanya gangguan penerbangan karena balon udara, Sabtu (9/7/2016). Pilot terpaksa secara mendadak melakukan manuver udara karena jarak dengan balon hanya sekitar 100 meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto Jogja Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah menjelaskan ATC Lanud Adisutjipto menerima laporan dari pilot pesawat komersial sebanyak tiga kali terkait adanya balon udara yang diterbangkan tanpa awak.

Menurut dia, gangguan balon ini tercatat dialami oleh pesawat Citilink 100 di atas langit Godean, Sleman dengan ketinggian 9.000 feet. Gangguan serupa di hari yang sama juga dialami Citilink 105 di ketinggian 17.000 feet dan pesawat Wings Air di utara Kota Solo pada ketinggian sekitar 8.000 feet.

“Balon mendekati pesawat dengan jarak 100 meter sehingga pilot melakukan manuver untuk menghindar. Diperkirakan balon tersebut diterbangkan dari area Kebumen dan Cilacap,” terangnya,  Sabtu (9/7/2016) sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya