Tutup Iklan
Ilustrasi perawatan kulit. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Masalah kulit seperti jerawat, rosacea, eksim, psoriasis dan dermatitis seringkali menjadi pertanda ada gangguan lain di dalam tubuh. Khususnya di bagian usus. Sebab, ternyata kondisi kulit berpengaruh pada usus.

Dikutip dari Indian Express, Sabtu (2/11/2019), saluran pencernaan menampung miliaran mikro-organisme. Termasuk bakteri menguntungkan dan jamur yang menciptakan sistem mikro-bioma.

Sistem itu berpengaruh kuat mengurangi peradangan tubuh internal, penyakit, dan gangguan berbahaya seperti kanker, asma, dan masalah autoimun lainnya. Sistem tersebut juga membantu mempertahankan nafsu makan, menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Sistem mikro-bioma juga efektif membantu mengontrol berat badan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat Anda sulit mempertahankan kesehatan usus, yakni gaya hidup tidak sehat, kurang tidur, pola diet tidak sehat dan stres.

Berbagai masalah pada usus dapat dilihat dari kondisi kulit. Nah, untuk menjaga kesehatan kulit dan usus, Anda harus menerapkan pola hidup sehat. Yakni dengan membagi waktu bekerja, olahraga, serta istirahat. Perhatikan pula asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari makanan cepat saji yang berdampak buruk bagi kesehatan usus.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten