SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Johanes Eka Priyatma (kiri) memotong tumpeng untuk diberikan kepada Rektor Sogang University, Father Jong Gou, Park (kanan) dan Direktur Jenderal (Dirjen) Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Patdono Suwignyo (tengah) saat menandai dibukanya program studi Pendidikan Kimia di Kampus USD, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, Jumat (17/11/2017). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Universitas Sanata Dharma (USD) mulai membuka Prodi Pendidikan Kimia

Harianjogja.com, SLEMAN – Universitas Sanata Dharma (USD) mulai membuka Prodi Pendidikan Kimia pada tahun akademik 2017/2018. Pembukaan prodi yang dikerjasamakan dengan Sogang University Korea ini diresmikan di Ruang Drost Kampus III USD Paingan, Depok, Sleman, Jumat (17/11/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam pembukaan itu dihadiri President of Sogang University Jong Gou Park, Rektor USD Johanes Eka Priyatama, Koordinator Kopertis Wilayah V DIY Bambang Supriyadi dan Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Kemenristek Dikti Patdono Suwignjo.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan seminar dengan pemateri praktisi pendidikan tinggi dari Indonesia dan Korea Selatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik USD Tarsisius Sarkim menjelaskan, pihaknya membuka mahasiswa baru untuk Prodi Pendidikan Kimia setelah mendapatkan izin dari Kemenristek Dikti pada Desember 2016. Pada angkatan pertama, total menerima 42 mahasiswa yang diseleksi dari 200 calon mahasiswa.

Dari 42 mahasiswa, ada 16 mahasiswa diberikan beasiswa selama empat tahun yang diseleksi secara ketat dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi keluarga kurang mampu.

“Mahasiswa diterima 42 orang itu hampir berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, paling barat ada Aceh sampai Papua,” terangnya, Jumat (17/11/2017).

Adapun kerjasama dengan Sogang University, didanai oleh Pemerintah Korea Selatan yang digunakan untuk pengadaan laboratorium, pengembangan kurikulum pengadaan buku dan berbagai kegiatan lain.

Pada 2018, ada enam mahasiswa USD yang akan berangkat ke Sogang University, Korea Selatan selama satu bulan. Mereka mengikuti proses perkuliahan untuk membandingkannya dengan di USD.

Keenamnya dipilih berdasarkan kemampuan akademik yang mumpuni, kemampuan bahasa dan memiliki karakter baik. Seleksi akan mulai dilakukan dalam setiap proses perkuliahan untuk menjaring mahasiswa yang potensial mengikuti short course di Sogang University dari total 42 mahasiswa Pendidikan Kimia.

Selain itu ada tiga dosen Kimia USD yang saat ini tengah menjalani studi doktor di Sogang University, terdiri atas satu dosen tengah memasuki tahun kedua dan dua dosen baru memulai di tahun pertama. “Bentuk lain, para profesor di Sogang mengajar di USD, khusus Kimia,” ujar.

Kaprodi Pendidikan Kimia FKIP USD Maslichah Asy’ari menambahkan, bersama Sogang University, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada guru-guru Kimia di DIY dan sekitarnya selama dua tahun terakhir tercatat empat kali.

Setiap pelatihan jumlahnya mencapai 160 guru dengan difasilitatori oleh ahli dari Sogang University dan USD Jogja. “Jadi sebelum Prodi Pendidikan Kimia dimulai, pelatihan untuk guru Kimia ini sudah jalan setahun dua kali,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya