Gandeng PMI Wonogiri, Desa Pule Gelar Latihan Sukarelawan Bencana

Pelatihan diikuti 20 sukarelawan Desa Pule dan tiga perwakilan PMI yang terdiri atas bagian kebencanaan, bantuan hidup dasar (BHD), dan water rescue  (penyelamatan di air).

 Pemerintah Desa Pule, Selogiri, Wonogiri, menggelar pelatihan sukarelawan bencana, Selasa-Rabu (30/11/2021-1/12/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Pemerintah Desa Pule, Selogiri, Wonogiri, menggelar pelatihan sukarelawan bencana, Selasa-Rabu (30/11/2021-1/12/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI—Pemerintah Desa Pule, Selogiri, Wonogiri, mengadakan pelatihan sukarelawan guna menyiapkan masyarakat desa yang tangguh menghadapi bencana. Latihan sukarelawan bencana itu menggandeng PMI Kabupaten Wonogiri.

PromosiPBNU dan KND Sepakati Gerakan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

Acara pelatihan pertolongan pertama ini diselenggarakan selama dua hari, Selasa-Rabu (30/11/2021-1/12/2021). Pelatihan diikuti 20 sukarelawan Desa Pule dan tiga perwakilan PMI yang terdiri atas bagian kebencanaan, bantuan hidup dasar (BHD), dan water rescue  (penyelamatan di air).

“Mengapa kami mengadakan pelatihan sukarelawan Desa Pule? Karena akhir-akhir ini cuaca ekstrem, angin kencang, dan hujan deras sewaktu-waktu. Kami perlu mengadakan pelatihan sukarelawan ini agar Desa Pule siap ketika ada bencana,” ujar Kades Pule Sugimo saat ditemui Solopos.com, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Vaksin AstraZeneca Tidak Diminati Lansia Klaten

“Tahun kemarin, kami juga mengadakan pelatihan utamanya untuk kegiatan kecelakaan di jalan, termasuk penanganan pasien/jenazah positif Covid-19 bersama PMI dan BPBD,” tambahnya.

Pada hari pertama, latihan digelar di gedung pertemuan Desa Pule. Materi yang diajarkan berupa pelatihan keterampilan atau khusus dari masyarakat awam menjadi masyarakat terlatih.

Sukarelawan PMI bagian pelayanan 24 jam, Daryanto, mengatakan pertolongan pertama harus sesuai alur dan tidak boleh terbolak-balik. Sebagai masyarakat awam pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pertolongan pertama pada kejadian seperti kecelakaan, bencana alam, serta dapat memberikan bantuan hidup dasar (BHD).

Baca Juga: Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Materi pada hari kedua diadakan di Kolam Renang Lyana Tirta, Wonogiri, dengan praktik simulasi cara menolong di air. “Kami mengajarkan kepada para sukarelawan cara manajemen suatu bencana dari cara menolong dan mengevakuasi karena Desa Pule sudah terbentuk Destana [Desa Tangguh Bencana] yang indikatornya yaitu peningkatan kapasitas SDM yang ada di sana termasuk sukarelawan kami yang tergabung di Destana Pule,” ujar Daryanto.

“Relawan yang tergabung di Desa Pule sebenarnya meliputi seluruh masyarakat yang ada di Desa Pule terutama Karang Taruna dan tokoh masyarakat,” Lanjutnya.

Latihan sukarelawan ini sudah diadakan sebelum pandemi Covid-19. Pelatihan berupa tata cara penanganan/pemulasaran bukan Covid dengan penanganan sesuai gender yang dihandle oleh PMI dibantu oleh Dinkes dan puskesmas kecamatan.

Baca Juga: Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Destana sudah berdiri sejak 2017 dan mengacu pada UU Nomor 24 Tahun 2007 yang berisi kebijakan kebencanaan. Sukarelawan yang tergabung di Destana pun sudah memiliki tugas masing-masing seperti bagian dapur umum, logistik, tim pertolongan pertama atau medis dasar dan tim early warning system.

“Kaderisasi [sukarelawan] harus tetap berlanjut agar menciptakan masyarakat yang tangguh,” harap Sugimo.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kasus Covid-19 Meningkat, Klaten Kembali Perketat Pendatang

Kasus Covid-19 Klaten meningkat berawal dari para perantau yang berdatangan ke Klaten.

Ada Penyelundupan Narkoba, Tes Urine Warga Binaan Rutan Solo Negatif

Hasil tes urine secara acak terhadap 15 penghuni sel narkoba di Rutan Solo diketahui negatif. Tes urine ini menindaklanjuti penyelundupan jeruk berisi benda diduga sabu-sabu.

Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Darurat bagi Pedagang Pasar Mebel Gilingan

Selama pembangunan sentra IKM, sebanyak 85 pedaagang Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, akan dipindahkan sementara ke pasar darurat di tiga lokasi.

Keren, Desa Pondok Klaten Ubah TPS Liar Jadi Taman-Fasilitas Olahraga

Pembangunan kawasan taman sekaligus fasilitas olahraga di lahan tanah kas desa seluas kurang lebih 5.000 meter persegi itu menjadi bagian penataan wajah desa di Pondok.

Penyelundupan Barang ke Rutan Solo Masih Terjadi, Terus Apa Solusinya?

Penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam Rutan Solo masih saja terjadi meski pengamanan dan pemeriksaan sudah sangat ketat.

Menyusut 34,43 Persen, Alokasi Pupuk Subsidi NPK di Wonogiri 6.391 Ton

Alokasi awal pupuk bersubsidi jenis NPK Phonska sebesar 17.752 ton atau 34,43 persen dari rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

DPRD Karanganyar Minta Pemerintah Beri Solusi Bagi Tenaga Honorer

Wakil Ketua DPRD Karanganyar meminta pemerintah tidak serta merta menghapus tenaga honorer tanpa memberi solusi bagaimana nasib masa depan mereka.

Angka Kasus Covid-19 Karanganyar Naik Lagi, Jangan Abaikan Prokes

Dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Warga diminta waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Belum Punya Kartu Tani? Petani Boyolali Bisa Bawa KTP Saat Tebus Pupuk

Penyerapan pupuk bersubsidi tak optimal tersebut lantaran ada kendala yang dihadapi, salah satunya petani Boyolali yang belum memiliki kartu tani.

Tak Ada Proteksi, Pengusaha Bus Lokal Wonogiri Semakin Tergerus

Ada dua proteksi yang diharapkan pengusaha bus AKAP lokal Wonogiri, yakni pemberian izin trayek sesuai faktor muat penumpang atau loadfactor dan pembatasan akses bus AKAP dari luar daerah sampai terminal tipe A.

Nunggak Pajak, Aset Satu Perusahaan di Solo Disita KPP Pratama

KPP Pratama Surakarta menyita aset salah satu perusahaan di Kota Solo yang menunggak pembayaran pajak. Penyitaan diharapkan memberi efek jera.

Coba Terapi Pasien Stroke, Pejabat Sukoharjo Ini Puji Layanan RSIS Yarsis

Efek terapi TMS di RS Yarsis bisa dirasakan oleh pasien secara bertahap, tergantung perkembangan kondisinya.

Wow! Komunitas Sedekah Sampah Indonesia Hargai Jelantah dengan Emas

Ketua Komunitas Sedekah Sampah Indonesia, Danang Widyatmoko, menunjukkan emas murni yang disiapkan untuk ditukar dengan jelantah di gudang komunitas, Dukuh Krajan, Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (28/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Wujudkan Wisata Heritage Kestalan, Camat Banjarsari Belajar ke Kemukus

Camat Banjarsari Solo Beni Supartono Putro berencana melakukan studi banding ke kawasan Kemukus, Sragen, terkait upaya mengembangkan wisata heritage di Kestalan.

Petani dan TNI/Polri Gencar Geropyok Tikus di Sawah IP 400 Sukoharjo

Guna mengoptimalkan konsep IP 400, para petani dibantu anggota TNI-Polri melakukan geropyokan tikus di lahan pertanian.