Gandeng Nokia, NASA Bakal Bangun Jaringan 4G di Bulan
Ilustrasi Bulan. (Reuters)

Solopos.com, HELSINKI — Nokia dipilih oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Badan Antariksa Amerika Serikat untuk membangun jaringan seluler pertama di Bulan. Pembangunan jaringan itu merupakan upaya NASA merencanakan membangun pemukiman manusia di satelit alami Bumi tersebut.

Dikutip dari Metro, Rabu (21/10/2020), perusahaan teknologi yang berbasis di Finlandia itu mengatakan bahwa divisi Nokia Bell Labs akan membangun sistem komunikasi 4G pertama di bulan pada akhir 2022.

NASA menggelotorkan dana US$370 juta atau sekitar Rp5,4 triliun untuk 14 perusahaan yang menyediakan teknologi untuk program Artemis yang akan mengirim manusia ke bulan pada 2024.

2 ABG Naik Motor Roda 3 Kecelakaan di Tangen Sragen, 1 Meninggal

Nokia mengatakan lebih lanjut NASA memberikan kucuran dana US$14,1 juta atau sekitar Rp207 miliar yang menandai kerja sama mereka membangun jaringan seluler pertama di Bulan.

Nokia juga akan berkerjasama dengan perusahan Intuitive Machines di Texas, Amerika Serikat, yang dipilih NASA untuk membuat hopper lander di Bulan. Di mana alat ini digunakan untuk mengakses kawah bulan dan mengambil gambar permukaan bulan dengan resolusi tinggi dari jarak dekat.

Jaringan tersebut juga akan memberikan kemampuan komunikasi suara dan video untuk astronaut. Kemudian memungkinkan telemetri dan pertukaran data biometrik. Serta dapat mengendalikan perangkat penjelajah bulan dan perangkat robotik lainnnya dari jarak jauh.

Jaringan itu juga akan dirancang untuk menahan kondisi ekstrem saat peluncuran dan pendaratan di Bulan dan untuk beroperasi di ruang angkasa. Jaringan ini akan dikirim ke bulan dalam bentuk sangat padat untuk memenuhi batasan ukuran, berat, dan daya ketat dari muatan ruang angkasa.

"Jaringan komunikasi yang andal, tangguh, dan berkapasitas tinggi menjadi kunci untuk mendukung keberadaan manusia yang berkelanjutan di permukaan Bulan," kata Chief Technology Officer Nokia, Marcus Weldon.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom