SOLOPOS.COM - Ilustrasi Halodoc

Solopos.com, SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus mengejar capaian kekebalan komunal atau herd immunity Covid-19 dengan mempercepat dan memperluas sasaran vaksinasi. Setelah memulai vaksinasi bagi warga umum usia 18+ di kelurahan,

Pemkot menggandeng aplikasi kesehatan, Halodoc, menggelar vaksinasi massal di Pendapi Gede, Kompleks Balai Kota Solo, Senin-Kamis (5-15/7/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sasaran per harinya 1.000 warga yang sebelumnya wajib mendaftar lewat aplikasi Halodoc. “Totalnya 10.000 warga selama 10 hari. Vaksin tersebut dari kami, sedangkan tenaga dan operasional lainnya dari Halodoc. Syaratnya warga ber-KTP Solo usia 18 tahun ke atas,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

“Jadi nanti daftar lewat link dari Halodoc. Kalau terpaksa ada masyarakat yang datang langsung, asal kuotanya masih cukup saya minta diterima dan didaftar dulu paling tidak suruh kembali besoknya.”

Baca Juga: Talang Atap Pasar Gede Solo Bocor Banjiri Barang Dagangan, Sudah 5 Bulan Belum Diperbaiki

Kendati begitu, ia berharap masyarakat mendaftar terlebih dahulu melalui tautan dari Halodoc guna menghindari kerumunan. Apabila pendaftar melalui aplikasi Halodoc tidak sesuai target, pihaknya bakal mengerahkan pendaftar lewat kelurahan untuk menerima vaksin di Balai Kota.

“Saya akan terus menggandeng kekuatan lain, mulai 10 Juli. Jadi enggak hanya puskesmas, klinik, dan RS,” imbuhnya.

Minimal 70 Persen

Ia menjelaskan kekebalan komunitas bisa tercapai apabila minimal 70% dari total penduduk usia 18 tahun ke atas di Kota Bengawan sudah divaksin. Apabila jumlah penduduk usia itu sekitar 400.000-an, maka harus mencapai 280.000an.

“Ya, lebih besar lebih baik. Target dari pemerintah pusat kan sampai akhir Februari 2022. Tapi, kalau kami ingin percepat. Mudah-mudahan Oktober segera selesai. Distribusi vaksin di Solo selama ini lancar, sehingga percepatan bisa dilakukan,” kata Ning.

Baca Juga: Pascaperusakan Makam Mojo, Mobil Dinas Wali Kota Solo Gibran Diinapkan di Lapangan Kenteng

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terus mengebut capaian vaksinasi guna mempercepat terbentuknya herd immunity. “Solo termasuk yang paling cepat. Data yang masuk tiap kelurahan kami jatah 1.000 dulu, nanti kalau kurang kami tambah lagi,” ujarnya.

“Kemarin 12 kelurahan awal itu jalan, kelurahan lainnya kami data dulu, target selesai untuk seluruh masyarakat umum, kalau data masuk langsung kami kejar. Harapannya, sebelum 17 Agustus, herd immunity terbentuk,” kata dia, Senin (21/6/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya