SOLOPOS.COM - Hyundai Ioniq 5. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Perusahaan otomotif asal Korea Selatan (Korsel), Hyundai, akan merilis mobil listrik bermotif batik di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2023. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dikabarkan turut berkolaborasi dalam proyek itu.

Informasi itu disampaikan Wakil Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan (Korsel), Zelda Wulan Kartika. Mobil listrik yang akan dihiasi motif batik tersebut adalah Hyundai Ioniq. Untuk sementara, pemasaran Hyundai Ionic motif batik untuk pangsa pasar dalam negeri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apabila pangsa pasar cocok, menurut dia, tidak menutup kemungkinan mobil listrik bermotif batik akan diproduksi lebih banyak lagi. Mobil listrik motif batik buatan Hyundai merupakan salah satu bagian untuk memperingati perayaan ke-50 hubungan bilateral Indonesia dan Korsel pada tahun ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Karena batik ini kebudayaan Indonesia, harus di-promote terus khususnya oleh sesuatu yang jadi tren ke depan,” kata dia dikutip dari Bisnis.com saat bertemu dengan 14 peserta The Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea di Kantor KBRI Seoul, Selasa (30/5/2023).

Turut hadir pada pertemuan di Seoul itu, Founder & Chairman Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Pati Djalal dan Direktur Korea Foundation, Choi Hyunsoo.

Wakil Duta Besar Indonesia untuk Korsel menjelaskan motif batik yang dipilih untuk mobil listrik Hyundai Ioniq adalah batik Solo. Ada alasan tertentu pada proses pemilihan batik Solo untuk proyek ini.

“Waktu itu yang bersedia Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Dia menyatakan kesiapannya, langsung oke. Nggak pakai macam-macam. Yang begitu, cuma Wali Kota Solo. Yang lainnya, agak susah pendekatannya. Jadi ya sudah kita okein saja. Jangan dikaitkan dengan politik ya,” ujar Zelda.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, sebelumnya mengatakan Gibran ke Korsel bersama istrinya, Selvi Ananda, Sabtu (3/6/2023). Hal itu disampaikan Teguh ketika memberikan sambutan Maulid Akbar dan Pelantikan Pengurus Idaroh Syu’Biyyah Jatman Kota Solo di Pendapi Gede kompleks Balai Kota Solo, Sabtu pagi.

“Mohon maaf, Bapak Wali Kota hari ini ke Korea Selatan. Saya hadir secara pribadi di sini dalam rangka kegiatan Mualud Akbar dan Pelantikan Pengurus Idaroh Syu’biyyah,” jelasnya.

Terpisah, Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kerja Sama Bagian Tata Pemerintah Setda Kota Solo, Farichah Nurhajati menjelaskan Wali Kota Solo melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk memenuhi undangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul.

Namun, Nunung belum bisa menjelaskan secara detail mengenai agenda Wali Kota Solo bersama KBRI Seoul. Gibran berangkat bersama istrinya yang juga Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Kota Solo Selvi Ananda atau tanpa tim dari Pemkot Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya