Ilustrasi Job Fair. (Dok)

Solopos.com, SOLO — Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo menggandeng 35 perusahaan dalam Unisri Solo Job Fair 2019 yang diselenggarakan di Auditorium Unisri selama dua hari, Kamis-Jumat (2-3/5/2019).

Dalam job fair atau bursa kerja yang diadakan untuk kali keempat ini, Unisri juga membuka kesempatan bagi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) maupun perguruan tinggi lain.

Wakil Rektor (WR) Bidang III Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Unisri Solo, Sutoyo, mengemukakan 35 perusahaan yang digandeng Unisri dalam job fair merupakan perusahaan yang bergerak di sektor perbankan dan perdagangan atau trading yang skalanya nasional maupun internasional.

Job fair menawarkan 500 lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan. ”Job fair ini terbuka untuk lulusan SMK, D3 [Diploma 3], hingga S1 [Sarjana],” ujar Sutoyo saat ditemui Solopos.com seusai jumpa pers, Selasa.

Sutoyo menjelaskan job fair membuka kesempatan bagi pencari kerja dari luar Unisri.”Kami juga berharap Unisri dikenal masyarakat di Soloraya. Jadi kalau ingin mencari informasi seputar lowongan pekerjaan di berbagai bidang, bisa lewat Unisri Job Fair,” terang dia.

Job fair merupakan salah satu kegiatan yang diadakan Unisri untuk menyalurkan lulusannya ke dunia kerja. Dalam penyelenggaraan job fair, Sutoyo mengklaim lulusan Unisri terserap 100 persen. ”Bahkan belum lulus pun mahasiswa kami sudah diterima bekerja di beberapa perusahaan,” imbuh dia.

Dalam job fair, sejumlah perusahaan langsung melakukan seleksi seperti tes tertulis dan wawancara dengan calon tenaga kerja. “Panitia menyediakan ruang untuk proses seleksi yang rata-rata ditangani bagian Human Resource [HR] masing-masing perusahaan. Selain dikunjungi mahasiswa Unisri, job fair juga dikunjungi para pencari kerja dari luar Unisri.”


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten